Log in

2 Wakil Italia ke Liga Champions


Persaingan 4 Besar

Hasil laga dari pekan 37 Liga Italia 2018-2019 semakin menguatkan ketatnya persaingan finis di empat besar klasemen. Selain Juventus dan Napoli yang sudah menyegel dua tempat di fase grup Liga Champions 2019-2020, empat tim lainnya masih harus saling sikut hingga pekan terakhir.

Peringkat tiga dan empat saat ini ditempati oleh Atalanta dan Inter Milan. Klub yang disebut pertama mencuri poin krusial saat imbang 1-1 dengan Juventus di pekan 37. Sementara Inter Milan dipermalukan 1-4 saat bertandang ke Stadion San Paolo, markas Napoli.

Dua pertandingan tersebut justru menambah sengit persaingan empat besar. Sebab, AC Milan meraih kemenangan penting 2-0 atas Frosinone, sedangkan AS Roma justru membuang peluang dengan hasil imbang 0-0 kontra Sassuolo.

I Giallorossi atau Napoli punya peluang paling tipis dibanding tiga tim lain untuk lolos. Danielle de Rossi dan kawan-kawan mengemas 63 poin, selisih tiga dengan Atalanta dan Inter, serta dua poin dari AC Milan.

Sedangkan Atalanta dipastikan lolos jika berhasil mengalahkan Sassuolo di pekan terakhi dan apabila imbang, maka duo Milan tidak boleh menang. Jika anak asuh Gian Piero Gasperini itu kalah, maka AC Milan tidak boleh menang atas SPAL dan AS Roma juga gagal memetik poin penuh atas Parma.

Akan halnya Inter, akan lolos ke Liga Champions 2019-2020 jika mengalahkan Empoli atau cukup menyamai hasil akhir rival beratnya, AC Milan. I Nerazzurri boleh kalah asal AC Milan diimbangi SPAL. Apabila Inter kalah 0-1, maka Rossoneri harus kalah dan AS Roma menang dengan selisih di bawah empat gol.

Sementara AC Milan akan kembali ke panggung Liga Champions jika berhasil mengalahkan SPAL dan Atalanta serta Inter gagal menang. Jika imbang, maka anak asuh Gennaro Gattuso harus berharap Inter Milan dan Atalanta kalah, sementara AS Roma menang.

Namun, AS Roma punya syarat paling berat, harus mengalahkan Parma dengan skor minimal 5-0, Inter kalah 0-1, Atalanta menang atau imbang, dan AC Milan kalah. Alternatif terakhir adalah mengharap Atalanta, Inter, dan AC Milan kalah, sementara mereka menang dengan skor berapa pun.

Secara matematis, keempat tim di atas masih berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan. Namun, Atalanta dan Inter Milan lebih difavoritkan mengacu posisi kedua tim di klasemen sementara.

Atalanta dan Inter Milan bisa lolos ke Liga Champions musim depan walau meraih hasil imbang pada pekan terakhir. Dengan catatan, Milan dan Roma meraih hasil imbang atau Milan serta Roma menelan kekalahan.

Namun, posisi Atalanta dan Inter bakal rawan tergusur andai Milan dan Roma meraih kemenangan. Jika Atalanta dan Inter hanya imbang sebaliknya Milan menang maka Rossoneri akan mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Di Liga Italia, agresivitas gol tandang dan tandang tidak menentukan dalam head to head sebuah tim. Kondisi ini membuat hanya selisih gol yang bisa membuka jalan Roma lolos ke Liga Champions musim depan.

Di pekan terakhir, Roma, Atalanta dan Inter Milan akan bermain di kandang dan hanya AC Milan yang bermain di kandang lawan. Roma menjamu Parma, Inter Milan menghadapi Empoli, Atalanta bersua Sassuolo, dan Milan tandang ke markas SPAL dalam laga yang berlangsung serentak pada 26 Mei mendatang. (OKZ/CNN)

Berita lain dari kategori ini : « Bale Ancam Madrid Jabar Siaga Satu »

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px