Log in

2 Atlet Silat Batubara Raih Prestasi Cegah Narkoba


Bagi dua atlet Silat puteri asal Kabupaten Batubara Nurjannah (17) dan Wina (17), Silat merupakan hobbi dan sarana untuk mengembangkan dan meraih prestasi. Tidak hanya itu, menurut Jannah yang baru tamat SMKN 1 Air Putih Batubada dan Wina SMA Limapuluh Batubara, mereka belajar Silat dari Merpati Putih, olahraga ini juga untuk menjaga diri.

Jannah mulai belajar Silat tahun 2015, namun sudah menorehkan berbagai prestasi seperti meraih emas pada Porkab tahun 2016 kategori tanding kelas C putri. Meraih Perak pada Porwil 2017 di Langkat, Juara 3 open Jakarta tahun 2019. Juga meraih juara 3 (Perunggu) di Kejurnas Merpatih Putih di Jakarta tahun 2018. Begitu juga Wina yang belajar Silat tahun 2014, meraih Perak pada Porwil 2017 di Langkat.

Keduanya merupakan atlet puteri Langkat cabang Silat pada Porprovsu 2019. "Besok saya bertanding di Semifinal dan Wina belum bertanding karena dia di seni mainnya Rabu," ujar Jannah, Senin (26/6) di Gedung Serba Guna Medan tempat berlangsungnya pertandingan Silat dan Gulat Porprovsu 2019.

Tak lupa keduanya berpesan kepada remaja dan teman sebayanya, harus tau bela diri untuk menjaga diri. Juga berprestasi dan mengembangkan budaya Silat Indonesia. "Membanggakan orangtua dan jauhkan Narkoba," pesan keduanya.

Sementara, Pelatih Merpati Putih Muhammad Abi Sarwan (20) mengatakan memberikan motivasi pada atlet yaitu jangan lupa belajar dari pengalaman dan menjadi terbaik dari segala sisi. Ia juga mengakui, persiapan yang kurang karena atlet baru pulang mengiktui Open Kejurnas di Jakarta.
"Paling persiapan sekitar dua minggu," katanya.

Disinggung mengenai target, Ia mengatakan, target di putri di fighter/tanding paling semifinal. Begitupun, tetap berharap dapat meraih emas. "Lihat tim lain sudah matang persiapannya. Lawan terberat Jannah atlet Program Sumut Emas (PSE)," imbuhnya. Sedangkan di semifinal, lanjutnya, yang fighter ke semifinal 1 orang, yang seni 2 nomor ganda dan regu sudah ke final karena kuota yang ikut cuma 6 org. Lihat tim lain sudah matang persiapannya. (Yunan)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px