Log in

11 Pemain Sumut Ikuti Seleksi Timnas U-16


Medan-andalas Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Seluruh Sepakbola Indonesia (PSSI) Sumatera Utara telah selesai melakukan seleksi. Setidaknya, ada 11 pemain yang lolos untuk mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) U-16 regional Sumatera.

Penanggungjawab seleksi, Fityan Hamdi mengatakan, adapun ke-11 nama ini nantinya akan kembali mengikuti proses seleksi regional Sumatera yang akan digelar pada 13-14 mendatang. Sebelumnya seleksi dilaksanakan selama dua hari dan diikuti 388 pemain dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut.

"Kemarin (Minggu, red), tim seleksi memutuskan 11 pemain telah lolos tahap selanjutnya yang terdiri dari dua penjaga gawang dan sembilan lainnya terbagi dalam pemain bawah, tengah, dan depan," terang Fityan, Senin (27/2).

Masih menurut Fityan, seluruh pemain itu merupakan pilihan terbaik dari tim talent Scouting yang tergabung di dalamnya Suharto AD, Ansyari Lubis, Slamet Riyadi, Safei Pilly, dan Sugiar.

"Setelah lolos, ke 11 pemain ini akan kembali digembleng tim talent scouting sebelum mengikuti seleksi ketat yang akan diikuti sejumlah pemain dari beberapa provinsi di Sumatera," ucapnya.

Sementara itu, Anggota EXCO PSSI Sumut Bidang Pembinaan Asia Muda, Subagja Suihan, yang ikut memantau jalannya seleksi merasa optimis jika 40 persen dari 11 pemain Sumut yang lolos seleksi bisa memperkuat timnas U-16 pada turnamen piala AFF 2017 di Thailand, September mendatang.

"Saya yakin 4-5 pemain Sumut bisa masuk Timnas. Karena kita tahu selama ini Sumut menjadi langganan penghuni timnas baik senior maupun junior," tutur Subagja.

Dia juga berpesan kepada para pemain muda Sumut untuk tetap mengasah kemampuannya agar bisa bersaing dengan para pemain yang datang dari provinsi lain di Sumatera.

"Jadi sesuai rencana, seleksi regional Sumatera yang akan digelar pada 13-14 Maret akan dipantau langsung pelatih timnas U-16, Fachri Husaini. Kita harapkan para pemain yang telah terpilih jangan cepat puas dan terus mengasah kemampuan agar bisa bersaing dengan dengan provinsi lain," tuturnya.

Sementara itu, salah satu tim talent Scouting, Suharto AD berpesan kepada pemain yang lolos tetap berlatih maksimal sesuai dengan materi seleksi yang diberikan selama dua hari, baik skill, teknik dan fisik.

"Setelah seleksi ini, kami akan tetap memantau perkembangan para pemain. Mungkin dua atau tiga kali pertemuan akan kami gembleng untuk memperbaiki teknik mereka sebelum seleksi di tingkat regional," tegasnya. (ISC)

Berikut ke-11 Nama yang Lolos Seleksi mewakili Sumut:
1. David Maulana
2. Oke Febriansyah
3. Abdul Haris Zailani Nst
4. Fahri Husaini Harahap
5. Sandi Arta Samosir
6. Ahmad Zaki Mahdar
7. Yehezkiel Eliazer Nababan
8. Boby Husyairy
9. Maulana Permadi Putra
10. David Lumbantoruan
11. Raja Khatulistiwa

30°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 72%

Wind: 9.66 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px