Log in

Selesaikan Konflik Israel-Palestina, Donal Trump Setujui Solusi Dua Negara


Amerika Serikat-andalas Keinginan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina dengan Solusi Dua Negara akan segera terwujud dengan catatan apabila kedua pihak juga menyetujuinya.

"Saya setuju dengan Solusi Dua Negara. Menurut saya itu yang paling berhasil. Itulah firasat saya," katanya di sela-sela perhelatan sidang umum PBB, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (27/9).

"Jika Israel dan Palestina ingin jadi satu negara, itu tidak masalah bagi saya. Jika mereka ingin jadi dua negara, itu juga tidak masalah bagi saya. Saya senang jika mereka juga bahagia," tambahnya.

Trump yang juga menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Majelis Umum PBB mengungkapkan dia ingin membentuk rencana perdamaian kedua negara dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

Namun Netanyahu menegaskan jika Palestina menginginkan perdamaian, maka negara tersebut harus bersedia didemiliterisasi dan mengakui bahwa Israel adalah negara Yahudi. Meski demikian, Palestina enggan mengakui Israel sebagai negara Yahudi. Sebab, Yahudi adalah sebuah kepercayaan yang tidak seharusnya dijadikan negara.

"Terkait pernyataan Israel tentang mendirikan negara Yahudi, kami tentu saja tidak menyetujuinya. Sebab bagi kami, keputusan itu didapat dari pemahaman sepihak dan tidak membawa keuntungan selain bagi Israel sendiri," kata Penasihat Presiden Palestina, Mahmoud Sudqi Al-Habbash.

"Bagi negara dan rakyat Palestina, tidak ada yang namanya negara Yahudi. Yahudi adalah sebuah agama, tidak bisa dijadikan sebagai kalangan. Ketika keputusan PBB terkait Israel dikeluarkan, mereka hanya menyetujui negara Israel bukan negara Yahudi," tambahnya. (Mdk)

Berita lain dari kategori ini : « Masjid Akan Dihancurkan, Warga Muslim China Demo

21°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 8.05 km/h

  • 20 Oct 2018 30°C 21°C
  • 21 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px