Log in

Ombudsman: Ratusan Ribu Lahan Prabowo Bukan HGU, Tapi HTI


Jakarta – andalas Ombudsman melakukan penelusuran terkait lahan ratusan ribu hektare milik Calon Presiden Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Hasilnya, lahan itu diketahui bukan hak guna usaha (HGU).

"Hasil identifikasi yang dilakukan itu bukan HGU. Tanah yang dimiliki Pak Prabowo itu sebetulnya adalah izin hutan tanaman industri (HTI), berbeda itu ya," ungkap Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/2).

Alamsyah menyayangkan adanya salah informasi terkait status lahan yang dikuasai Prabowo. Menurutnya, hal itu menunjukkan pentingnya keterbukaan informasi mengenai lahan-lahan HGU di Indonesia.

Apalagi, lanjutnya, persoalan keterbukaan informasi dokumen publik sudah diatur dalam putusan Mahkamah Agung (MA). Ombudsman yakin sejak diputus 2017 lalu pemerintah belum mempublikasikan dokumen tersebut.

"Putusan MA yang menyatakan HGU adalah informasi publik bisa diakses siapapun. Jadi dalam debat kemarin kita lihat gimana informasi publik belum dibuka ke publik," tuturnya. Untuk itu, dia menyarankan kepada pemerintah segera eksekusi putusan MA dan menteri agraria dan tata ruang harus menyatakan HGU terbuka. "Peristiwa debat kemarin pelajaran besar bagi kita bahwa informasi publik bisa digunakan untuk kepentingan politik. Sangat tidak baik," katanya.

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 1 Joko Widodo mengungkapkan jika rivalnya Prabowo Subianto memiliki lahan luas di dua provinsi. Prabowo pun mengakuinya.
"Tanah saya kuasai ratusan ribu hektare benar, itu HGU (hak guna usaha), milik negara," katanya dalam debat capres kedua di Hotel Sultan, Minggu (17/2) malam.

Dia mempersilakan jika negara mau mengambilnya. "Itu benar, negara bisa ambil. Untuk negara saya rela daripada ke orang asing lebih baik saya kelola. Saya nasionalis dan patriot," tegasnya.

Jokowi mengatakan Prabowo memiliki ratusan hektare lahan yang berada di Kalimantan dan Aceh Tengah. Rinciannya, sebesar 220.000 hektare lahan di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

"Pembagian yang tadi sudah disampaikan 2,6 juta hektare agar produktif. Kita tidak memberikan gede-gede. Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah. Ingat, pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya," kata Jokowi.  (MDC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px