Log in

Kim Jong Un, di Antara Tiga Wanita Tangguh

Kim Jong Un bersama istri, Ri Sol Ju Kim Jong Un bersama istri, Ri Sol Ju

Keberadaan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un masih ramai menjadi bahan banyak pihak, apakah dia masih hidup ataukah sudah meninggal seperti rumor kebanyakan?

Namun yang pasti, Kim yang dijuluki The Rocket Man itu memiliki tiga wanita tangguh yang berada dalam lingkar kekuasaannya. Dilansir New York Post, dalam beberapa pekan terakhir, adik Kim yang punya posisi kuat, Kim Yo Jong menjadi pusat perhatian media.

Banyak yang mengatakan kalau sosok Yo Jong mampu menggantikan Kim Jong Un apabila pemimpin besar itu meninggal dunia atau pun mengalami sakit parah. Selain itu, juga ada sosok Ri Sol Ju, istri Kim yang dulunya adalah mantan penyanyi dan pemandu sorak. Pernikahan Kim dan Ri Sol Ju diatur, seperti kebiasaan di Korea Utara. Mereka punya dua atau mungkin tiga anak dari hasil pernikahan mereka.

Sementara itu, seorang mantan analis CIA, Jung H Pak dalam buku barunya mengklaim bahwa Kim Jong Un melihat dirinya sebagai sosok orang Korea yang gagah layaknya Presiden John F Kennedy dan istrinya yang modis.

Sedangkan istri Kim, Ri Sol Ju juga dianggap mampu bertindak layaknya Ibu Negara Amerika Serikat, Jackie Kennedy yang ikonik. “Saya tidak berpikir istri Kim memiliki ambisi menjadi pemain politik yang nyata tetapi dia dihormati kalangan elit,” analis Korea Utara Bruce Bechtol, mantan anggota Badan Intelijen Pertahanan.

"Dia benar-benar perempuan yang cantik, saya pikir dia dan anak-anaknya akan tetap aman, jika sesuatu terjadi pada Kim. Mereka tidak akan membunuhnya, seperti membunuh paman Kim. Mereka mungkin hanya akan memindahkan Ri Sol Ju keluar dari Korut namun hanya itu yang paling bisa mereka lakukan".

Selain Kim Yo Jong dan Ri Sol Ju, ada juga Hyon Song Wol (43), dia berusia lebih tua dari Ri Sol Ju. Hyon dikabarkan sebagai seorang kawan lama Kim sejak masa remajanya. Bahkan ada yang mengisukan kalau wanita itu kekasih terakhir dari almarhum ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il dan juga ibu dari salah satu anak Kim.

Beberapa media melaporkan bahwa perselingkuhan Kim dan Hyon dihentikan oleh Kim Jong Il, tapi kemudian berjalan lagi pasca kematian pemimpin besar itu pada 2011. Seperti Kim, Hyon juga pernah diisukan tewas akibat eksekusi di muka publik oleh regu tembak karena tuduhan yang tidak jelas terkait konten pornografi dalam video band pertamanya pada 2013.

Namun, layaknya rumor tentang kematian Kim, kabar eksekusi itu dilebih-lebihkan. Dia muncul ke muka publik tak lama kemudian dan menjadi asisten utama Kim secara profesional dan mungkin juga secara pribadi.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C