Log in

10 Ribu Meninggal Akibat Corona, Korban Tewas di Italia Lampaui China


Jakarta - andalas Jumlah korban meninggal akibat virus vorona secara global telah melebihi 10 ribu orang. Dilaporkan bahwa jumlah korban meninggal di Italia telah melampaui jumlah korban meninggal di China yang menjadi lokasi awal kemunculan virus ini.

Virus corona telah menyebar ke lebih dari 160 negara. Nyaris 250 ribu orang terinfeksi virus corona secara global.

Jumlah total itu didapat setelah nyaris tiga bulan sejak pertama kali terdeteksinya virus corona di kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu. Sejak saat itu, virus corona telah menyebar ke seluruh benua di Bumi ini, kecuali Antartika.

Beberapa waktu terakhir, situasi di kawasan Eropa dan Amerika Serikat (AS) menjadi semakin mengkhawatirkan. Jumlah korban meninggal di Italia bahkan telah melampaui jumlah korban meninggal di China pada Kamis (19/3) waktu setempat.

Secara total, sudah lebih dari 10 ribu orang meninggal akibat virus yang telah ditetapkan sebagai pandemi global ini.

Saat ini dilaporkan lebih dari 3.400 orang meninggal akibat virus Corona di wilayah Italia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/3), otoritas Italia dalam laporan terbaru mengumumkan total korban meninggal akibat virus corona mencapai 3.405 orang hingga Kamis (19/3) waktu setempat. Lonjakan terjadi setelah otoritas Italia melaporkan 427 kematian baru sepanjang Rabu (18/3) waktu setempat.

Sedangkan jumlah total korban meninggal akibat virus corona di wilayah China daratan kini dilaporkan mencapai 3.245 orang.

Seluruh kematian di wilayah Italia itu terjadi dalam kurun waktu empat minggu sejak sejumlah kasus virus corona dilaporkan di sekitar Milan sebelum akhirnya meluas ke wilayah-wilayah lainnya yang memicu langkah tegas pemerintah untuk memberlakukan lockdown nasional.

Sementara itu, selama dua hari berturut-turut, tidak ada laporan kasus baru virus corona di kota Wuhan, yang menjadi lokasi awal kemunculan virus ini di China. Namun lagi-lagi jumlah kasus impor mengalami penambahan cukup banyak di negara ini.

Seperti dilansir AFP dan kantor berita Xinhua News Agency, Jumat (20/3), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan 39 kasus baru virus corona di wilayah China daratan, yang semuanya merupakan kasus impor atau yang muncul dari orang-orang yang datang dari luar negeri.

Asal negara dari kasus-kasus impor itu tidak disebut lebih lanjut. Sejauh ini, total sudah 228 kasus impor dilaporkan muncul di China daratan.

Tidak ada laporan kasus baru virus corona di kota Wuhan maupun Provinsi Hubei. Ini berarti sudah dua hari terakhir kota dan provinsi yang sebelumnya menjadi pusat wabah virus Corona itu melaporkan nol kasus baru sejak virus ini muncul pada akhir tahun lalu. (DTC/H)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C