Log in

Tokoh Agama GBKP Kecam Ledakan Bom di Surabaya

Petugas kepolisian dilengkapi senjata laras panjang berjaga di depan portal gerbang masuk Mapolres Tanah Karo. Petugas kepolisian dilengkapi senjata laras panjang berjaga di depan portal gerbang masuk Mapolres Tanah Karo.

Polres Karo Tingkatkan Sistem Pengamanan

Menyikapi aksi teroris bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya serta serangan Mapolda Riau membuat sistem pengamanan di Mapolres Tanah Karo ditingkatkan untuk mencegah kejadian serupa.Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Hutajulu, Sik melalui Kasat Sabhara AKP Pawang Ternalem, Rabu (16/5) mengatakan, pihaknya tak ingin underestimate terkait ancaman teror bom bunuh diri. “Penjagaan ketat pintu masuk dan keluar langsung diterapkan. Di portal pintu masuk utama Polres Karo terdapat beberapa penjaga dilengkapi dengan senjata lengkap,” ujarnya. “Bagi setiap warga yang akan masuk mengurus surat-surat seperti SKCK, SIM dan lain-lain, mulai dari pengendara roda dua dan empat tidak lepas dari pemeriksaan anggota Polres Karo.

Para pengunjung harus menyerahkan kartu tanda pengenal seperti KTP atau identitas lainnya yang ditukarkan dengan kartu pengenal Polres Karo,” ujar Pawang Ternalem di Portal penjagaan Mapolres Karo. “Pemeriksaan awal dilakukan di luar portal menuju pintu masuk. Pengendara sepeda motor dihentikan terlebih dahulu di luar portal. Selanjutnya kepada pengendara diminta turun. Jika memakai jaket, harus membukanya dan seterusnya menaikkan baju yang dipakai sebatas dada. Begitu juga, jika ada warga yang membawa tas agar membukanya sendiri dengan pantauan anggota dari dalam portal berjarak 5 meter,” terangnya. “Setelah steril, warga boleh masuk dari samping portal menuju penjagaan untuk dilakukan pemeriksaan tanda pengenal dan tujuannya berkunjung ke kantor polisi,” tambahnya. Sebenarnya, pengamanan ini sudah dilakukan sejak lama sesuai standart operational prosedure (SOP) pelayanan di Polres Karo.

Kepolisian terbuka kepada masyarakat dalam pelayanan pengaduan keterangan hilang, SIM, dan SKCK. Namun atas terjadinya rentetan insiden di sejumlah lokasi, kepolisian menjadikan suatu pengalaman hingga meningkatkan sistem pengamanan agar tidak terulang. “Intinya, kita jangan sampai menciptakan rasa takut di masyarakat. Dalam kejadian ini kita harus bijak dan mawasdiri,” ujarnya, mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas asal-usulnya, termasuk di sosial media.

Kecam

Terpisah, tokoh agama di Kabanjahe mengecam dan mengutuk keras peristiwa ledakan bom di tiga gereja di Surabaya. Ketua Badan Pengurus (BP) Runggun GBKP Simpang Enem Kabanjahe, Pdt Liza Selvina Br Tarigan, STh didampingi Sekretaris Pt, David Mulianta Barus, SH menyatakan, pihaknya mengutuk keras ledakan bom di tiga gereja di Surabaya dan penyerangan Mapolda Riau yang menunjukkan adanya gerakan terpola, terstruktur dan berjejaring. "Mereka sengaja melakukannya untuk membuat kekacauan. Ini tidak bisa dibiarkan dan jangan sampai terjadi lagi di tempat lain, termasuk Tanah Karo," kecamnya.

Menurut, perbuatan teror tersebut bukan ajaran agama mana pun. Pdt Liza Br Tarigan juga mendesak dan mendukung langkah pemerintah dan aparat dalam mengusut kasus tersebut sampai tuntas ke akarnya. “Gerakan terorisme dinilai semakin merajalela. Karena itu, perlu penanganan ekstra dari berbagai pihak. Masyarakat juga diimbau agar menahan diri dan tak mudah terprovokasi,” pintanya. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

29°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 79%

Wind: 11.27 km/h

  • 22 May 2018 30°C 23°C
  • 23 May 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px