Log in

Tersangka Penyebar Hoax Bukan Warga Griya Martubung

Tersangka penyebar hoax kini telah mendekam di sel Mapoldasu Tersangka penyebar hoax kini telah mendekam di sel Mapoldasu

Belawan-andalas Kepala Lingkungan (Kepling) 15 Malkan Hasibuan, membantah Jenri Pakpahan (JP) sebagai warganya. "Hanya kartu tanda penduduk (KTP)-nya saja alamatnya di Lingkungan 15," kata Malkan kepada wartawan, Senin (20/5).

Menurut Malkan, KTP JP baru tiga bulan keluar karena mertuanya berdomisili di Lingkungan 15. "Sejak berumah tangga, tersangka tidak pernah tinggal di Lingkungan 15," tegas Malkan.

Sepengetahuan Malkan, tersangka baru saja diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) sebagai guru Sekolah Dasar (SD) dan mengajar bidang agama Kristen.

Malkan menyampaikan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, Malkan tidak bermaksud menyebar berita hoax. "Tapi mengajak masyarakat supaya tidak ikut-ikutan terpengaruh aksi people power," sebutnya.

Karena itu, Malkan berharap kepada semua pihak agar tidak menjelekkan lingkungannya karena sangat berpengaruh terhadap moral warga. Sebab, menyebut alamat tidak pasti seorang tersangka tindak pidana kriminal bisa menimbulkan efek negatif.

Sebelumnya, Janri Pakpahan disebut warga Jalan Tangguk Utama, Lingkungan 15 Blok 3 Perumnas Griya Martubung, Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, ditangkap Ditreskrimsus Polda Sumut karena penyebaran berita bohong (hoax) melalui youtube.

Tersangka diduga telah menyebarkan video hoax terkait unjukrasa ‘people power’ yang dikabarkan mulai berlangsung di kota Medan.

“Pelaku diamankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) pada pukul 11.30 WIB tadi,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Sabtu (18/5).

Tatan juga menyebutkan pelaku mengunggah sebuah video di akun Youtube Janry Cool. Ia menuliskan judul video itu berupa people power di Kota Medan sudah mulai beraksi. Ia juga mengajak warganet untuk bersama-sama berdoa demi kedamaian NKRI. Kepolisian akan menyangkakan Janri dengan Pasal 14 ayat 2 UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px