Log in

Terkait OTT Kepala SD Gebang, Forum Mahasiswa Langkat Aksi di Poldasu

Aksi massa ditampung petugas Bidang Humas Polda Sumut, Senin (20/5) Aksi massa ditampung petugas Bidang Humas Polda Sumut, Senin (20/5)

Langkat-andalas Terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) dugaan pungutan liar (pungli) dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilakukan puluhan kepala SD di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, beberapa waktu lalu, puluhan mahasiswa mengatasnamakan Forum Mahasiswa Langkat berunjukrasa di Mapolda Sumut, Senin (20/5).

Dalam orasinya, massa meminta penyidik Polda Sumut untuk memanggil dan menetapkan tersangka 13 kepala SD yang sempat diamankan kemudian dipulangkan. Sebab, mereka dianggap terlibat, baik sebagai pemberi ataupun penerima.

"Kami dari pengurus Forum Mahasiswa Langkat meminta Bapak Kapolda Sumut melalui Dit Reskrimsus segera menahan kembali 13 kepala SD yang terjaring OTT pada 9 Mei 2019 lalu, karena dalam Undang-Undang No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, penerima dan pemberi diancam dengan hukuman pidana," teriak massa.

Selain itu, massa juga meminta penyidik Subdit III/Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sumut segera memeriksa Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat H Saiful Abdi karena terindikasi kuat terlibat pungli tersebut. Diduga, tersangka OTT menyetor kepada atasannya.

"Kami juga meminta Bapak Kapolda Sumatera segera periksa dan tangkap koordinator dana BOS Dinas Pendidikan Langkat yang saat Ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Langkat. Tidak mungkin seorang kepala sekolah berani memerintah kepala sekolah lainnya melakukan kesalahan yang dzalim tanpa adanya instruksi dari atasan atau pejabat Dinas Pendidikan Langkat,” sebut Muhammad Iqbal Zikri pimpinan aksi didampingi Muhammad Azli Syahputra dan Muhammad Syafwan, koordinator lapangan.

Menurut mereka, pendidikan adalah suatu dasar untuk kemajuan bangsa, negara. Kabupaten Langkat dikenal sebagai kota sejarah, religius dan pendidikan, namun sangat tercoreng dengan adanya ulah-ulah oknum koruptor.

"Anggaran pendidikan yang seharusnya untuk biaya pendidikan anak cucu kita, kini tega mereka perkosa beramai-ramai," kata mereka.

OTT itu dilakukan Polda Sumut terhadap belasan Kepala Sekolah Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat serta pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di ruang kelas I B SD Negeri 050765 Lingkungan IV Kelurahan Pekan Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP Nainggolan mengatakan, aspirasi massa diterima dan akan disampaikan kepada pihak yang menangani kasus tersebut. "Semua yang terkait dengan kasus OTT pungli itu, pasti akan dipanggil, tidak terkecuali Kadis Pendidikan Langkat," tandas Nainggolan. (DN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px