Log in

Terjebak di Bunker Kapal, Empat ABK Tewas


Pekanbaru-andalas Sebanyak empat ABK tongkang terjebak di bunker saat mengerjakan pengelasan. Ketika diselamatkan tim gabungan, seluruhnya ditemukan dalam keadaan tewas.

"Tadi sore tim gabungan dari Damkar, kepolisian, Syahbandar dan masyarakat berhasil mengevakuasi para korban dari bunker kapal," kata Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo kepada wartawan, Jumat (19/4).

Kukuh menjelaskan, awalnya Basarnas Pekanbaru menerima informasi adanya 4 ABK terjebak di bunker kapal Tongkang BG Maju Lancar di Pelabuhan Sungai Api, Kabupaten Siak. Informasi diterima pukul 13.30 WIB.

"Saat itu informasinya ada satu ABK sudah dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia dari dalam bunker kapal. Kita lantas menerjunkan tim ke lokasi," kata Kukuh.

Basarnas Pekanbaru sampai di lokasi pada sore hari. Basarnas bersama tim lainnya mencoba untuk mengevakuasi 3 ABK lagi yang masih terjebak di dalam.

"Akhirnya tim dengan sistem pengamanan, berhasil mengevakuasi 3 ABK lainnya. Mereka sudah dibawa ke RSUD di Siak," kata Kukuh.

Peristiwa ini bermula 4 ABK ditugasi membersihkan bunker kapal. Perbaikan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Di bunker kapal sebenarnya tidak ada bahan-bahan yang membahayakan. Hanya ada lorong panjang.

Saat mereka lagi mengejarkan pengelasan, ada ABK lainnya yang melihat kondisi temannya terkulai lemas dan saat dievakuasi tewas. Kukuh mengatakan di dalam bunker mengandung gas beracun.

"Di dalam bunker tentunya mengandung gas beracun. Karena dengan kondisi cuaca panas mengeluarkan karbon monoksida dan membahayakan manusia. Seharusnya apa bila melakukan pekerjaan membersihkan harus menggunakan alat pelindung diri, biar sefty," kata Kukuh.

Menurut Kukuh, para ABK ini membersihkan bunker karena adanya air yang masuk. Sehingga air yang masuk dalam lambung kapal tersebut akan dibersihkan.

"Kapal tongkang ini tengah mengangkut pasir. Kini 4 ABK sudah dibawa ke RSUD Siak. Proses evakuasi berjalan lancar," kata Kukuh.

Adapun identitas korban tewas adalah, Fahrudin, Indra Bayu, Indra Maulana dan Ishak.  (DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px