Log in

Tansri Chandra Hanya Menagih Utang Tidak Menghina


Medan-andalas Tansri Chandra alias Tan Ben Chong (73), mengaku tidak ada maksud menghina atau mencemarkan nama baik koleganya di grup WhatsApp (WA). Salah satu pendiri Kampus IT&B Medan ini hanya niat menagih utang sehingga mengirim pesan ke grup WA hingga dilaporkan dan berujung ke persidangan ini.

Hal tersebut terungkap dalam sidang lanjutan pencemaran nama baik di grup WA yang kembali bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (26/2) siang. Dalam sidang itu, majelis hakim dipimpin Erintuah Damanik bertanya kepada terdakwa maksud mengirim pesan WA itu apa?. Terdakwa menjawab, para koleganya itu setelah meminjam duit belum membayarnya sampai saat ini.

"Maksud saya mengirim WA untuk menagih utang mereka Pak hakim, bukan maksud menghina atau mencemarkan nama baik mereka," ujar terdakwa Tansri Chandra, menyebutkan uang pribadinya tersebut dipinjam sejak Februari 2017 lalu. Erintuah juga bertanya apakah Tamin Sukardi, seorang pemilik resort mewah juga meminjam uang yang ditotal Rp 2,4 miliar itu, terdakwa membenarkannya.

"Iya, yang mulia. Tamin Sukardi juga meminjam uang saya. Katanya untuk keperluan dagang. Uang yang saya pinjamkan itu uang pribadi bukan uang yayasan," sebut terdakwa.

Sementara, jaksa penuntut umum (JPU) Edmond N Purba bertanya kepada terdakwa mengapa memberikan pinjaman tidak membuat surat perjanjian, terdakwa menjawab karena sudah kenal lama sejak 2001 dan bahkan sama-sama membangun gedung IT&B

Diketahui sebelumnya, Tansri Chandra diadili akibat memposting kata G6 perampok di Grup WA Yayasan Sosial Lautan Mulia yang terbaca anggota Grup WA lainnya, yakni saksi Tedy Sutrisno alias Tan  Cong Bin, Gani alias Tan Cang Ching, James Tantono alias Tan Po Seng, Anwar Susanto, dan Jesicca hingga melaporkan kasus ini dan berujung ke persidangan.

Padahal, terdakwa melakukan itu karena telah memberikan sejumlah uang antara Rp 300 juta hingga Rp 600 juta, ditotal senilai Rp 2,4 miliar kepada G6 para pendiri Kampus IT&B Medan yang menjadi pelapor tersebut. Namun, sampai saat ini uang yang diberikan itu belum juga dikembalikan hingga kasus itu telah dilaporkan ke Polda Sumut. (AFS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px