Log in

Sidang Penistaan Agama Ditunda

Terdakwa penista agama (pakai peci) gagal disidangkan karena sakit, Kamis (9/8). Terdakwa penista agama (pakai peci) gagal disidangkan karena sakit, Kamis (9/8).

Medan-andalas Sidang perkara penistaan agama yang dilakukan terdakwa Ridho Al Amin (27) ditunda. Sebab, saat sidang dimulai, terdakwa mendadak mengaku sakit kepada majelis hakim dipimpin Morgan Simanjuntak. Memulai sidang, Hakim Morgan mempersilakan terdakwa Ridho Al Amin Simanjuntak untuk duduk di kursi pesakitan, sambil menanyakan kondisinya untuk melanjutkan agenda penuntutan di ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (9/8). "Apa kabar saudara terdakwa Ridho Al Amin. Saudara siap mengikuti sidang hari ini," tanya hakim Morgan Simanjuntak.

"Saya tidak enak badan pak, saya sakit, tidak bisa sidang," ujar Ridho Al Amin dengan mengenakan peci. Karena itu, Hakim langsung mempersilakan terdakwa Ridho mundur dan duduk kembali ke belakang kursi pengunjung. Melihat kondisi terdakwa yang mengaku sakit, hakim mengingatkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk memperhatikan kondisi kesehatan terdakwa. Hakim meminta JPU Shindu Utomo untuk menyertakan surat kesehatan jika terdakwa di kemudian hari kembali sakit. Kepada wartawan,, JPU Shindu Utomo mengatakan terdakwa Ridho Al Amin semula tampak sehat dan siap melanjutkan sidang meski kemudian mengaku sakit.

"Itulah tadi terlihat sehat-sehat saja terdakwa, dia bisa jalan dan nggak ada bilang sakit. Heran juga pas mulai disidangkan dia mengaku sakit. Jadi, kita tunda lah tuntutan untuk terdakwa ini minggu depan," ujar Shindu Utomo. Muhammad Ridho Al Amin alias Ubay didakwa melakukan tindak pidana penistaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156a huruf a KUHAPidana dan Pasal 256 KUHAPidana. Terdakwa pada Jumat 30 Maret 2018 sekitar pukul 00.34 WIB masuk ke Masjid Toyyibah yang merupakan rumah ibadah warga Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Dia dipergoki merobek kertas yang berisikan ayat-ayat suci Alquran. Kemudian robekan lembaran isi Alquran ditemukan saksi Ridwan di sekitar tempat sampah. Dari dakwaan, Ridho Al Amin disebutkan berselisih paham dengan rekannya. Terdakwa juga merasa tidak senang dengan warga sekitar tempat tinggalnya karena selalu disakiti sehingga melakukan tindakan penistaan agama.(AFS)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 23 Oct 2018 28°C 22°C
  • 24 Oct 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px