Log in

Sidang Dugaan Tipu Gelap, Kuasa Hukum: Dakwaan Jaksa Kabur Terdakwa Harus Dilepas

Kuasa hukum terdakwa Sjamsul Bahari berdiskusi penyampaian eksepsi, Kamis (26/3). Kuasa hukum terdakwa Sjamsul Bahari berdiskusi penyampaian eksepsi, Kamis (26/3).

Belawan-andalas Terdakwa Sjamsul Bahri alias Ationg Bawang (51), warga Kompleks Villa Jemadi Mars Kelurahan Pulo Brayan Darat, Kecamatan Medan Timur, yang disidangkan di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam Cabang Labuhan Deli dalam kasus penipuan dan penggelapan (tipu gelap), diberi kesempatan mengajukan tanggapan atau eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pantun Simbolon, Kamis (26/3).

Dalam eksepsi dibacakan tim kuasa hukumnya, M Ardiansyah Hasibuan, dan Amrizal, menyebut dakwaan JPU tidak jelas, tidak lengkap dan tidak cermat. Dakwaan padal 372, 378 KUHPidana tidak diuarikan unsur-unsur delik secara spesifik.

Bahkan, jika dicermati, uraian unsur-unsur delik meteril dari dakwaan pasal pertama, kedua tidak sesuai dengan fakta karena antara pengadu Susanto alias Ayong dan terdakwa Sjamsul Bahri adalah suatu perbuatan hukum perdata yang berbentuk kesepakatan sesuai pasal 1233, 1338, 1339, 1340 dan 1342 KUHPerdata.

“Sehingga kami menilai dakwaan JPU tidak jelas, tidak lengkap dan tidak cermat, dakwaan JPU menjadi kabur (Obscuur Libelum),” sebut Ardiansyah Hasibuan dan Amrizal di hadapan Majelis Hakim Tarima Saragih, Said Hamrizal Zulfi, dan Udut Widodo Napitupulu.

Dalam eksepsinya, terdakwa juga menyebut, kasus yang membelitnya ini bukanlah pidana melainkan perdata. Ini dibuktikan dengan adanya perjanjian atau perikatan pengurusan 1 unit kontainer jahe untuk dibayar Ayong sebesar Rp 116.150.000.

"Memang faktanya, perjanjian itu tidak berjalan sebagaimana yang sudah dijanjikan. Namun, itu merupakan perbuatan inkar atau wanprestasi, bukan cidera janji terhadap pengurusan kontainer milik Ayong," tegas Amrizal.

Karena itu, kedua kuasa hukum terdakwa meminta kepada JPU dan majelis hakim membebaskan kliennya demi hukum karena yang dilakukannya bukan tindak pidana melainkan perdata. Sidang dilanjutkan pada pekan depan. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px