Log in

Sertijab Kapolsek Medan Kota, Kepercayaan Masyarakat Rendah Mengakibatkan Polri Dapat Direformasi

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto menyematkan tanda jabatan dalam acara sertijab, Kamis (15/8). Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto menyematkan tanda jabatan dalam acara sertijab, Kamis (15/8).

Medan-andalas Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, serahterima jabatan (sertijab) memiki 2 asfek manfaat. Sertijab ini adalah hal rutinitas dilakukan di dalam satu organisasi yang hidup dan berkembang.

"Bagi personel anggota Polri, sertijab seperti ini adalah sebagai tour of duty dan tour of area," ujar Dadang Hartanto saat memimpin upacara serahterima jabatan Kapolsek Medan Kota, Percut Seituan, Kapolsek Helvetia dan Kasi Was serta Kasitipol Polrestabes Medan di Lapangan Apel Polrestabes Medan, Kamis (15/8).

Kata dia, sertijab dilakukan dalam rangka pembinaan karir hingga semakin baik dan berpengalaman ke depanya di berbagai bidang. Pembinaan karir ini penting untuk memperbaiki kualitas dan kinerja personel tersebut.

Diharapkan, kualitas personel terus meningkat. Bagi organisasi sertijab ini peningkatan sumber daya manusia yang dilakukan dengan cara pembinaan personel untuk mendongkrak kinerja organisasi agar kepercayaan masyarakat dapat meningkat. Sebab, peningkatan kepercayaan masyarakat sangat penting bagi eksistensi keberadaan organisasi kepolisian.

“Kepercayaan masyarakat yang rendah akan mengakibatkan organisasi Polri dapat saja direformasi, bahkan dapat direposisi karena dinilai tidak efektif dan itu tidak boleh terjadi,” sebut Kombes Dadang.

Karena itu, sambung Dadang, eksistensi kepolisian harus tetap dijaga. Polisi harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, mulai dari pemeliharaan keamanan, penegakan hukum hingga dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Dalam organisasi kepolisian, kualitas sumber daya manusia yang demikian sangatlah dibutuhkan karena itu adalah jiwa dari organisasi. Untuk mengukur tingkat sumber daya manusia yang baik adalah dengan tingkat kehadiran personel.

“Jangan hanya datang pagi, lalu pergi ke warung untuk sarapan, terus ngobrol-ngobrol. Masuk waktu shalat ke masjid habis itu tidur, bangun tidur, ngobrol lagi dan sore hari pulang. Coba tanya pada diri sendiri, apa yang telah kalian berikan pada organisasi,” tukas Kombes Dadang.

Diakhir amanatnya, Dadang Hartanto menekankan kepada para Kapolsek untuk selalu menekan angka kasus pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) serta pemberantasan narkoba di wilayah hukumnya.

Adapun Kapolsek yang disertijab, Kapolsek Medan Kota Kompol Revi Nurvekani diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit 4 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Sumut. Posisinya diisi AKP Muhamad Riki Ramadhan, sebelumnya sebagai Kasat Lantas Polres Langkat.

Sementara Kapolsek Helvetia, Kompol Trila Murni yang memasuki masa purna tugas langsung digantikan AKP Sah Udur TM Sitinjak, sebelumnya Paur STNK Ditlantas Polda Sumut.

Sementara, Kapolsek Percut Seituan Kompol Subroto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubditharwattah Ditahti Polda Sumut dan digantikanny Kompol Aris Wibowo, sebelumnya Kanit 4 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Sumut.  Selain itu, Kasi Was Polrestabes Medan baru AKP Marolop Sirait, sebelumnya menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Deli Serdang. Sedangkan Kasitipol Polrestabes Medan dijabat Kompol Bustami SH, sebelumnya  Kabag Ren Polres Mandailing Natal. (ACO)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px