Log in

Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto memaparkan pengungkapan kasus curanmor, Senin (22/7). Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto memaparkan pengungkapan kasus curanmor, Senin (22/7).

56 Motor dan 2 Mobil Diamankan

Medan-andalas Upaya menekan tindak kejahatan jalanan di kota Medan yang dilakukan Polrestabes Medan bersama Polsek jajaran, menunjukkan keberhasilan.

Tercatat, sejak Juni hingga Juli 2019, polisi kota Medan berhasil mengamankan 47 tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor), 56 kendaraan roda dua, dan 2 mobil. Para pelaku dan hasil kejahatannya diboyong ke Mapolrestabes Medan untuk dipublikasikan, Senin (22/7) siang.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto didampingi Kasat Reskrim, AKBP Putu Yudha dan para Kapolsek, serta Kanit Reskrim jajaran menjelaskan, giat patroli hunting rutin dilakukan di malam hari guna menekan gangguan kambtimas dan pelaku 3CN (curanmor, curas, curat dan narkoba) di kota Medna.

Menurut Dadang, kegiatan preventif tersebut sangat memberi hasil yang positif, tindak kejahatan curanmor dalam kurun waktu setahun berkurang drastis.

“Secara umum, dari Januari-Juni 2018 dibanding 2019 sekarang, tingkat kejahatan khususnya untuk pencurian kendaraan bermotor, menurun. Tahun lalu itu ada 228 kasus, tahun ini 102 kasus. Untuk jumlah tindak pidana ada 1.612. Jadi, pencampaian per bulan Juni sampai 48 persen,” sebut Dadang.

Dadang menyebut, pelaku curanmor paling menonjol yang bisa diungkap, yakni dari kawasan Polsek Medan Baru dan Polsek Patumbak.

Di Medan Baru, Dadang merinci, pihaknya berhasil menemukan empat kendaraan bermotor dari dua tersangka, Dhema Fahrizal Laurenz dan Robianto. Keduanya beraksi pada 22 Juni 2019 malam. “Dari hasil pengembangan, kedua pelaku melakukan pencurian di 30 tempat kejadian perkara (TKP),” terangnya.

Sementara di kawasan Polsek Patumbak, polisi berhasil menyikat para pelaku yang terakhir kali beraksi pada 23 Juni 2019. “Di Patumbak ada 10 TKP yang pernah dilakukan pelaku curanmor. Total seluruhnya yang kita pamerkan ada 56 kendaraan bermotor roda 2 (sepeda motor) dan roda 4 (mobil) nya ada 2. Para pelaku ini mengambil dari masyarakat,” jelasnya.

Atas pengungkapan itu, Dadang mengungkapkan, upaya ekspose dilakukan sebagai sarana pemberitahuan kepada masyarakat yang pernah mengalami kehilangan kendaraaannya untuk bisa mengecek dan melaporkannya ke Polrestabes Medan.

“Ini sebenarnya ingin menginformasikan ke masyarakat, kami mengamankan barang bukti. Hasil dari upaya kita dalam mengamankan tersangka dari mulai penyelidikan, penyidikan dan dari beberapa TKP. Jadi, bagi masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motornya bisa mengecek dan mengambilnya (kendaraan) dengan mencocokkan surat kendaraan,” paparnya.

Meski angka curanmor menurutnya menurun, namun beberapa minggu belakangan, aksi kejahatanmasih terus meraja lela. Buktinya, dalam sepekan, dua turis asal negara Perancis dan Itali menjadi korban penjambretan.

Ditanya soal perkembangan kasus itu, Dadang mengaku, pihaknya masih terus berupaya maksimal mengungkap pelakunya. “Untuk seluruhnya secara umum, tingkat kemanan bukan hanya bagi warga asing saja, tapi juga masyarakat, dan keamanan meningkat. Sampai saat ini, pelakunya memang belum tertangkap, namun kita masih berupaya untuk mengungkapnya,” tegasnya. (ACO)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px