Log in

Polres Taput ‘Kempeskan’ Tersangka Curat


AKBP Dudus : Penjahat Melawan, Silahkan Ditembak

Tarutung-andalas Satuan Reskrim Polres Tapanuli Utara (Taput) bekerjasama Polres Simalungun, berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis mobil jenis Mitsubishi L-300. Tersangka terpaksa dilumpuhkan (dikempeskan) karena melawan dan berusaha kabur Kawanan pelaku tercatat dalam tiga Laporan Polisi (LP) di Taput terkait pencurian mobil L-300 di Kecamatan Siatas Barita, Tarutung dan Sipahutar. Kapolres Taput, AKBP Dudus Harley Davidson Sik mengungkapkan, selain kasus pencurian di wilayah hukumnya, lima tersangka yang berhasil ditangkap juga tersangkut kasus serupa di wilayah hukum Polres Simalungun dengan lima LP. Karenanya, perlu dilakukan koordinasi untuk mengungkap kejahatan tersebut.

“Dengan banyaknya LP kehilangan mobil L-300, Sat Reskrim Polres Taput menindaklanjuti dengan melakukan pengembangan Senin (15/5), berkerjasama dengan Polres Simalungun dan menemukan beberapa pelaku,” terang Dudus di Mapolres Taput, Kamis (18/5). Dudus menerangkan, Sat Reskrim Polres Taput bekerjasama dengan Polres Simalungun berhasil menangkap lima pemain langsung dan seorang penadah. Kelimanya ditangkap dari tempat terpisah dan waktu berbeda di kawasan Pematang Siantar. Ketika itu, mereka diduga tengah merencanakan aksi kejahatan serupa. Dari pengungkapan itu disita berbagai barang bukti yang telah disate (dipreteli, red), terdiri pintu mobil, kaca, tape, jok, dan mesin. Di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), wilayah Siantar mengamankan 2 unit mobil L-300. Saat ini, polisi masih memburu seorang pelaku lainnya.

“Kami juga masih berkoordinasi dengan Polres Simalungun, apakah masih ada lokasi pencurian yang dilakukan oleh para tersangka, termasuk di kota Medan. Saat para pelaku ditangkap, sempat berusaha kabur sehingga dilakukan tindakan tegas terukur,” kata Dudus. Dudus menyebut, kelima tersangka merupakan residivis yang sudah berulang kali beraksi dan menjalani hukuman. “Saya perintahkan Sat Reskrim Polres Taput untuk bertindak tegas, bagi pelaku kejahatan di wilayah hukum Taput. Pelaku tindak kejahatan yang berusaha melawan petugas, silahkan ditembak. Tindakan ini, diharap akan membuat efek jera bagi pelaku dan kawanan penjahat yang akan beraksi di Tapanuli Utara dan hal itu juga diapresiasi Pak Kapoldasu,” ujar Dudus.

Dia juga mengucapkan terima kasih ke pihak Polres Simalungun yang telah bekerjasama dengan Polres Taput. Sinergitas itu membuahkan hasil maksimal. Dijelaskan, penangkapan kelima tersangka eksekutor dan seorang penadah berawal pada Senin 15 Mei 2017, sekira pukul 05.30 WIB. Saat itu, Risma Purba (50), warga Kompleks Pajak Baru, Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Taput, melaporkan mobilnya jenis L-300 nomor polisi BK 8986 ND, yang terpakir di depan rumahnya telah dicuri. “Atas laporan korban, personel Sat Reskrim melakukan penyelidikan bekersama dengan Sat Reskrim Polres Simalungun hingga melakukan penangkapan terhadap para pelaku di Jalan Medan Simpang Mesjid, Kecamatan Siantar Martoba, Kodya Pematang Siantar,” jelas Dudus.

Adapun kelima tersangka, Rahmad Pilliang alias Rahmat Purba (22), warga Kompleks Mesjid, Kecamatan Tarutung, Taput, Tommy Sianturi (26), warga Jalan Medan Simpang Korang, Kecamatan Siantar Martoba, Kodya Pematang Siantar, Togar Simorangkir (17), warga Gang Melati, Kelurahan Hutatoruan XI, Kecamatan Tarutung, Taput, Anton Kardo Panjaitan (30), warga Jalan Bah Tongguran Kiri, Kecamatan Siantar Utara, Kodya Pematang Siantar, Leo Siregar (50), warga jalan Asahan kilometer 13, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun dan Jhon Henderson Simanjorang (35), sebagai penadah, warga Desa Tanjung Beringin III, Kecamatan Sumbul, Dairi. Para tersangka dijerat pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-4e, ke-5e KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (HOT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 24 Jun 2017 30°C 22°C
  • 25 Jun 2017 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px