Log in

Polres Bireuen Ungkap Praktik Ilegal Logging

Petugas memperlihatkan tumpukan kayu yang diduga dari hasil praktik ilegal logging Petugas memperlihatkan tumpukan kayu yang diduga dari hasil praktik ilegal logging

Bireuen-andalas Satuan Reskrim Polres Bireuen berhasil mengungkap praktik ilegal logging di kawasan hutan wilayah hukumnya. Puluhan balok jenis Kayu Rimba Campuran (KRC) dan gelondongan diamankan tim  dari dua lokasi terpisah kawasan pegunungan Blang Paya Peulimbang dan Peusangan Selatan.

"Dari penggerebekan itu, polisi juga menyita satu unit mobil pengangkut kayu jenis Toyota Hartop dan seorang pelaku berinisial SU (46), warga Seunebok Teungoh Kecamatan Pelimbang, Kabupaten Bireuen," terang Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah, SIK didampingi Kasubbag Humas Ipda M Nasir kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, pengungkapan itu berawal dari tim Satreskrim Polres Bireuen menangkap satu unit mobil Toyota Hardtop sedang membawa kayu dalam kawasan hutan Blang Paya, Kecamatan Peulimbang pada Kamis (29/9) pukul 20.00 WIB.

Mobil pembawa kayu olahan 20 batang kayu jenis rimba campuran itu yang tidak dilengkapi dokumen pengangkutan kayu hutan itu selanjutnya diamankan ke Polres untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam proses pengembangan kepolisian, kembali ditemukan 38 batang kayu gelondongan dari pegunungan di Peusangan Selatan, namun pemiliknya masih dalam penyelidikan. Sedangkan kayu diamankan ke Mapolres.

"Terhadap seorang pelaku, penyidik mengenakan pasal 83 ayat (1) huruf b Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 13 tentang Pencegahan dan Pamberantasan Kerusakan Hutan dengan ancaman 5 tahun, denda paling rendah 500 juta, paling banyak Rp 2,5 miliar," jelas Kasat Reskrim. (Hera)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px