Log in

Polres Asahan Ungkap Pelaku Pembuang Bayi di Sungai

Keterangan-Kapolres Asahan didampingi Kapolsek Bandar Pulau dan Kasat Reskrim Polres saat menggelar press release pengungkapan pelaku pembuang bayi di Sungai Asahan. (andalas/hamdan rangkuti) Keterangan-Kapolres Asahan didampingi Kapolsek Bandar Pulau dan Kasat Reskrim Polres saat menggelar press release pengungkapan pelaku pembuang bayi di Sungai Asahan. (andalas/hamdan rangkuti)

Kisaran-andalas Polres Asahan bekerjasama dengan Polsek Bandar Pulau berhasil mengungkap pelaku pembuangan bayi yang ditemukan tanggal 23 Juni 2019 pukul 17.00 WIB di aliran Sungai Asahan Dusun II, Desa Bandar Pulau Pekan Kecamatan Bandar Pulau Asahan.

Hal itu diungkapkan Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK, saat menggelar press release di Mapolres Asahan, Senin (15/7) petang. Mantan Kapolres Nias Selatan itu menerangkan, pada Jumat 21 Juni 2019 sekitar pukul 20.00 WIB tersangka Ernawati Marpaung (31) berada dalam kamar rumah tempat tinggal orang tua tersangka di Kampung Baru Jalan Sigura-Gura Dusun I Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan.

Sekitar pukul 21.00 WIB tersangka merasakan perutnya mulas mau melahirkan, dan tersangka hamil hasil hubungan suami istri tidak sah yang dilakukan bersama dengan saksi Antoni Hutagaol alias Hormat.

Selanjutnya bayi malang hasil hubungan gelap Erna dan Hormat lahir tanpa melalui proses persalinan tidak dibantu bidan Puskesmas atau  bidan desa lainnya.

Selanjutnya sekitar pukul 23.00 WIB. Oleh tersangka dilihat bayi tersebut tidak bergerak. Maka terlapor mendekatkan tangannya ke hidung korban guna merasakan apakah bayi malang itu masih bernafas.

Ternyata terlapor tidak merasakan nafas korban sehingga tersangka berpikiran bahwa bayi itu telah meninggal dunia. Selanjutnya tersangka ber inisiatif untuk membuang bayi itu ke aliran Sungai Asahan yang berada di belakang rumah orang tua tersangka yang jauhnya lebih kurang 300 meter.

Setelah penemuan mayat bayi tanpa identitas, tanggal 10 Juli 2019 Kanit Reskrim mendapat informasi dari masyarakat yang layak dipercaya di Dusun I Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, bahwa 1 bulan sebelumnya tersangka diperkirakan sedang hamil, tapi pada saat diberikan info bentuk perut tersangka kembali normal.

Mendapat informasi tersebut Kanit Reskrim bersama anggotanya melakukan penyelidikan dan mencari informasi dari saksi Bilson Panjaitan selaku Kepala Dusun I Desa Tangga yang hasilnya mendekati A1 dan langsung melaporkannya kepada Kapolsek Bandar Pulau.

"Atas perbuatan tersangka Ernawati, pasal yang dipersangkakan kepadanya yakni Pasal 80 ayat (4), (3) dari UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara,"tandas Kapolres Asahan. (FAS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px