Logo
Print this page

Poldasu dan BPODT Bahas Soal Sengketa Lahan


Medan-andalas Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengakui, Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian telah mendatangi kantornya pada Senin (12/8). Menurut Agus, kedatangan Arie Prasetyo itu terkait lahan di Kabupaten Tobasa yang masih bersengketa dengan masyarakat.

"Masyarakat memiliki kekuatan keputusan pengadilan sampai dengan tingkat PK (Peninjauan Kembali)," kata jenderal bintang dua tersebut.

Sementara, sambung Agus, lahan yang bersengketa itu masuk kawasan hutan.

"Menurut kehutanan itu masuk kawasan hutan. Sementara masyarakat memiliki keputusan pengadilan atas sengketa tanah adat (menurut sengketa yang disidangkan di pengadilan)," sebutnya.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil pertemuan dengan Direktur Otorita Danau Toba Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian, lahan tersebut dikembalikan ke kehutanan. "Kembalikan ke Kehutanan yang punya kewajiban penyerahan lahan," ungkapnya.

Disinggung soal perusahaan yang diduga terlibat pengrusakan areal Danau Toba, Agus menegaskan, dalam pertemuan itu tidak ada membahas masalah itu. "Tidak," tegasnya. Sedangkan Direktur Otorita Danau Toba Arie Prasetyo mengaku kedatangannya ke Mapolda Sumut hanya sekedar silahturahmi.

"Silaturahmi saja, silahturahmi pasca kunjungan presiden, salah satunya rencana penyelenggaraan event sepeda di Samosir akhir Agustus," ujarnya.

Seperti diketahui, Direktur Otorita Danau Toba Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian mendatangi Mapolda Sumut, Senin (12/8). (DA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com