Log in

PMPHI Nilai Putusan Terhadap Flora Simbolon Janggal


Medan-andalas Korwil Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI) Sumatera Utara, Gandi Parapat menilai adanya kejanggalan dalam putusan 8 tahun pihak pengadilan terhadap Flora Simbolon dalam kasus Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum di Martubung Medan.

"Flora Simbolon staf keuangan di PT Lesindo Jaya Utama ada KSO dengan PT Promits. Dalam proyek tersebut, dia wakil KSO di Medan. Menurut pengamatan kami, korupsi proyek setelah ada BPK/BPKP membuat perhitungan hilang uang atau proyek tidak sesuai dengan yang diinginkan," sebut Gandi Parapat kepada wartawan di Medan, Rabu (20/3).

Menurut dia, sebelum sidang, Flora Simbolon mencari kebenaran melalui praperadilan dan dimenangkan, dengan kata lain tidak dilanjutkan pengadilan untuk menyidangkan masalah itu.

"Di samping BPK/BPKP, juga PDAM tidak keberatan atas pekerjaan proyek tersebut, atau bisa dikatakan uang proyek tersebut dipergunakan dengan baik. Yang seharusnya keberatan atas pekerjaan yang memakai uang negara, adalah BPK/ BPKP dan pemberi pekerjaan," ujarnya.

Gandi merasa tidak pernah mendengar keberatan PDAM, BPK, BPKP atas proyek itu. Praperadilan mengabulkan tuntutan Flora, namun Pengadilan memvonis 8 tahun dan denda.

Gandi menambahkan, Flora diduga melakukan tindak pidana korupsi paket pekerjaan berupa Enginering Procurement Construction (EPC) Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum Martubung dengan pagu anggaran sebesar Rp 58 773 104 000 yang bersumber dari penyertaan modal APBD Propinsi Sumatera Utara tahun 2012.

Disebutkan Gandi, status tersangka Flora telah diuji melalui praperadilan dan diputus tanggal 26 Oktober 2018 oleh hakim H Irwan Efendy, SH. Putusan tersebut menyatakan,  penetapan tersangka tidak sah aquo tidak mempunyai hukum mengikat.

"Hari Jumat, 8 Maret, Flora Simbolon divonis 8 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri/Tipikor Medan. Pengadilan Negeri Medan/Tipikor tetap melanjutkan persidangan, dengan alat bukti kerugian negara hanya didasari pada seorang ahli bernama Hernold Makawimbang (ahli pada kantor akuntan publik). Tidak ada Temuan BPK/BPKP, tidak ada laporan dari PDAM Sumut," kata Gandi. (RIL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px