Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Penyelewengan Bansos Covid, Poldasu Periksa Pejabat Daerah


Medan-andalas Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Sumut telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan daerah lima kabupaten/kota yang diduga melakukan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana ketika dikonfirmasi mengaku, pihaknya telah memeriksa beberapa saksi yang merupakan pejabat daerah. "Sudah pasti ada (pejabat)," kata Rony, Sabtu (30/5/2020).

Namun, Rony tidak bisa menyebutkan siapa saja pejabat yang sudah dipanggil untuk dimintai keterangan terkait adanya dugaan penyelewengan dana bansos Covid-19. Pasalnya, sebut dia, kasus yang sedang ditelusuri Polda Sumut ini masih tahap penyelidikan.

"Karena masih penyelidikan, saya tidak bisa sebutkan nama-namanya," imbuhnya.

Rony menjelaskan, pemeriksaan terhadap beberapa saksi itu untuk menelusuri bagaimana proses mekanisme pembagiannya. Kemudian sambung dia, pihaknya juga akan menelusuri bagaimana mekanisme penetapan pemenangnya dan penentuan penerimanya. 

"Itukan ada mekanismenya semua. Itulah yang akan kita klarifikasi," sebutnya.

Sebelumnya, Polda Sumut sudah mengantongi daerah mana saja yang diduga melakukan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 di Provinsis Sumatera Utara.

Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana ketika dikonfirmasi mengaku kalau sudah ada 5 daerah yang diduga melakukan penyelewengan dana bansos Covid-19. 

"Sementara Medan, Siantar, Toba, Samosir, DS (Deliserdang)," tulis Rony lewat pesan whatsapp, Selasa (19/5/2020).

Menurut dia, penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut sudah bekerja di lapangan untuk mengumpulkan bukti-bukti. Bahkan, sambung Rony, pihaknya juga telah memintai keterangan beberapa saksi.

Namun, ketika disinggung siapa saja saksinya terkhusus buat Kota Medan dan Siantar, mantan penyidik KPK ini enggan membeberkan. "Mohon maaf, masih tahap penyelidikan. Sabar ya, nanti pasti disampaikan lagi," tandasnya. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C