Log in

Pemusnahan Narkoba Polres Labuhan Batu Dipertayakan


Pemilik 1 Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi Belum Diketahui

Rantauprapat-andalas Seorang nelayan telah menemukan sabu-sabu seberat 1 kilogram (kg) dan sekira 2.200 butir pil ekstasi di tepi Sungai Barumun, Dusun Raja Melawan, Desa Teluk Sentosa, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu pada Minggu 14 Januari 2018. Namun, meski sudah satu bulan berlalu, hingga kemarin jajaran Polres Labuhan Batu belum juga mampu mengungkap identitas dan meringkus pemilik barang haram tersebut. Karena itu, Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Labuhan Batu mempertanyakan keseriusan dan kelanjutan penanganan penemuan narkoba  di pesisir pantai wilayah hukum Polres Labuhan Batu tersebut. Polisi diminta segera menangkap pelaku agar tidak menimbulkan preseden negatif di tengah masyarakat.

"Pasca ditemukan, tentunya menimbulkan pertanyaan besar bagi kita semua. Siapa sebenarnya pemilik sabu tersebut," ujar Ketua Granat Labuhan Batu, Khairul Fahmi kepada wartawan di Rantauprapat, Rabu (14/2). Meski demikian, pihaknya tetap mengapresiasi pemberian reward dari pihak Polres Labuhan Batu kepada masyarakat yang berhasil menemukan sabu tersebut. Tetapi, menurutnya, pihak Polres Labuhan Batu seharusnya bekerja keras lebih untuk mengungkap pemilik sabu tak bertuan tersebut melalui kerja tim Satnarkoba dengan Polsek Panai Hulu. Selain itu, sambungnya, Granat Labuhan Batu juga mempertanyakan kondisi barang haram yang telah disita tersebut. Khususnya, niat aparat untuk memusnahkannya.

"Mengapa sabu sebanyak itu belum juga dimusnahkan sampai saat ini. Itu bisa memunculkan opini yang berkembang di masyarakat. Apakah barang bukti sabu tersebut kwalitas dan kuantitasnya masih utuh sebelum dimusnahkan," tukas Fahmi. Terkait temuan itu, harapnya, harus menjadi evaluasi bagi Kapolres Labuhan Batu beserta jajarannya. Apalagi, Kabupaten Labuhan Batu merupakan salah satu pintu masuk narkoba untuk wilayah pantai timur di pulau Sumatera, yakni, memanfaatkan jalur perairan selat Malaka. "Jaringan sindikat narkoba internasional menggunakan jalur perairan selat Malaka untuk memasukkan narkoba ke negara Indonesia," sebutnya.

Sementara, Kapolres Labuhan Batu, AKBP Frido Situmorang (foto) dimintai tanggapan waktu pemusnahan menjelaskan, sabu-sabu 1 kilogram tersebut sudah dilimpahkan ke Polda Sumut. Namun, ketika ditanya melalui telepon seluler tentang pemilik barang haram tersebut, Frido tidak menjawab. (JOK)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 18 Dec 2018 28°C 23°C
  • 19 Dec 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px