Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Napi Asal Riau Kabur ke Berastagi Dibekuk Polres Karo dan Tim Gabungan

  Tim Gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo berhasil membekuk Samsuardi (jongkok) narapidana yang melarikan diri dari Lapas Kelas II A Bengkalis, Riau. Andalas/ist Tim Gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo berhasil membekuk Samsuardi (jongkok) narapidana yang melarikan diri dari Lapas Kelas II A Bengkalis, Riau. Andalas/ist

Kabanjahe-andalas Tim gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo kembali menunjukkan tajinya. Tak pelak, sebutan sangar bagi Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Karo menjadi bahan pembicaraan di kalangan masyarakat daerah itu.

Lapas Kelas II Bengkalis, Riau yang dipimpin oleh Haris Yulianta (KPLP) apresiasi kerjasama apik, Tim Gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo. Pasalnya, kerjasama itu membuahkan hasil memburu narapidana yang sempat melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis, Provinsi Riau pada hari Kamis, (23/04/2020) lalu.

Samsuardi (38) selama satu bulan lebih bebas menikmati udara segar Berastagi dari pelariannya. Narapidana warga Duri 13 Jalan Lama, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mendapat hukuman penjara dari vonis 7 tahun 6 bulan itu berhasil ditangkap di Jalan Letjen Djamin Ginting tepatnya di area perladangan di belakang Gedung Sekolah SMIK Negeri 1 Berastagi Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo tepatnya dirumah Mustakim (Ipar Samsuardi) Senin, (01/06/2020).

Keterangan yang diperoleh dari Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, AKP Sastrawan Tarigan SH MH membenarkan penangkapan narapidana yang melarikan diri dari Lapas Kelas II Bengkalis, Riau itu.

Dituturkannya, pada hari Minggu (31/05/2020) Aipda Esra Sinuraya (Opsnal Sat Reskrim) mendapat telepon dari Kasat Narkoba Polres Bengkalis Riau Iptu Toni Amando perihal permohonan bantuan dari KPLP Haris Yulianta yang saat itu pihaknya beserta anggota melakukan pengejaran terhadap narapidana yang lari dari Lapas Kelas II A Bengkalis,” ungkap Sastrawan Tarigan.

Selanjutnya, saya memerintahkan Unit Opsnal untuk membantu pencarian dan melakukan penangkapan terhadap narapidana apabila ditemukan. Berkat kesigapan Tim Opsnal yang pada saat itu telah berdampingan dengan KPLP Haris Yulianta, langsung melakukan pelacakan melalui nomor HP milik narapidana. “Atas dasar tersebut tim gabungan langsung bergerak setelah mengetahui keberadaan napi, dan diperkirakan sedang berada di Jalan Letjen Djamin Ginting Berastagi, di belakang SMIK Berastagi,” tegas mantan Kasat Narkoba Polres Tanah Karo itu.

Ia menambahkan, setelah dilakukan penyelidikan ke alamat tersebut, Team Gabungan Unit Opsnal beserta Team dari Lapas Bengkalis berhasil mengamankan Samsuardi di perladangan milik Takim, warga Berastagi tepatnya di belakang SMIK Berastagi. “Selanjutnya narapidana tersebut diboyong ke Mapolres Tanah Karo dan dititip di tahanan narkoba Polres Tanah Karo dan rencananya besok akan diboyong ke Bengkalis Riau,” tutur Sastrawan Tarigan.(RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C