Log in

Korban Penipuan Minta Terdakwa Ditahan

Terdakwa penipuan dikonfrontir dengan korban di PN Medan, Selasa (14/1). Terdakwa penipuan dikonfrontir dengan korban di PN Medan, Selasa (14/1).

Medan-andalas  Korban penipuan, Juli Ricard MP Simbolon, meminta majelis hakim agar melakukan penahanan terhadap terdakwa Mandalasah Turnip. Sebab, terdakwa yang merupakan suami dari jaksa Cony itu dinilai telah mempersulit proses hukum sejak tahap penyidikan hingga penuntutan di pengadilan.

"Saya meminta majelis hakim yang menyidangkan perkara ini agar melakukan penahanan terhadap terdakwa ini, agar tidak ada kesan keberpihakan. Sebab, sejak awal, dia ini (terdakwa, red) tidak pernah dilakukan penahanan," pinta korban usai sidang di ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (14/1).

Dalam persidangan itu, di hadapan majelis hakim diketuai Irwan Effendy, korban kembali menegaskan soal pemberian cek.

Dia menyebut, terdakwa dua kali menyodorkan cek kepadanya mengatasnamakan perusahaan keluarganya, lengkap dengan tanda tangan dan stempel sehingga membuatnya tidak dapat mencairkannya.

"Pertama dia menyodorkan lembaran cek, namun tidak dapat diuangkan. Pada perbaikan kedua, ternyata dibuat dengan nomor rekening yang sama, dan tetap tidak dapat dicairkan," tegas korban.

Namun anehnya, dari dua lembar cek tersebut, terdapat no rekening yang sama, yakni 0091116766. Sehingga perbaikan cek yang dijanjikan terdakwa hanya bohong belaka.

Menurut korban, seharusnya yang menandatangani cek tersebut adalah PT Panorama, bukan PT Linting Bangun Makmur yang ditandatangani terdakwa Mandalasah Turnip, yang mengaku sebagai direktur.

Sementara, dalam surat dakwaan JPU Randy Tambunan terungkap, terdakwa Mandalasah Turnip resmi dilaporkan 1 Januari 2019, atas dugaan penipuan terkait penerbitan cek.

Namun, terdakwa tidak terima lalu melakukan gugatan praperadilan, tapi hakim PN Medan juga menolaknya. Terdakwa diancam dengan pasal 372 dan 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan. (AFS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px