Log in

Kejati Kembalikan Berkas Perkara Mantan Bupati Tapteng


Medan-andalas Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengembalikan berkas perkara tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah berinisial ST ke penyidik Polda Sumut. Kasi Penerangan Hukum Kejati Sumut Sumaggar Siagian di Medan, Rabu (19/9), mengatakan bahwa berkas perkara tersebut masih dalam penelitian tahap pertama oleh jaksa. Berkas perkara itu dikembalikan karena belum lengkap dan harus disempurnakan terlebih dahulu oleh penyidik Polda Sumut. "Berkas perkara itu masih P-19 atau belum lengkap dibuat Polda Sumut," ujar Sumanggar. Berkas perkara penipuan yang dilakukan mantan orang pertama di Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) itu harus dilengkapi. Persyaratan tersebut harus segera dipenuhi penyidik Polda Sumut untuk dapat ditingkatkan ke tahap kedua, yakni pelimpahan berkas perkara, tersangka, dan barang bukti ke Kejati Sumut.

Selanjutnya, berkas perkara tersebut akan dilimpahkan jaksa yang menangani perkara itu ke Pengadilan Negeri Medan untuk disidangkan. "Semoga berkas perkara tersebut, dapat secepatnya disempurnakan atau P-21 oleh Polda Sumut," kata juru bicara Kejati Sumut. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut telah melimpahkan berkas perkara mantan Bupati Tapteng berinisial ST kepada jaksa Kejati Sumut. Polda Sumut, Senin (25/6) telah menahan ST terkait dengan dugaan kasus penipuan dan penggelapan proyek senilai Rp450 juta.

Penahanan tersebut karena tersangka ST dianggap tidak kooperatif dan beberapa kali dilayangkan pemanggilan di Polda Sumut, dia tidak pernah hadir. Selain ST, Polda Sumut juga menetapkan status tesangka terhadap AT dalam kasus proyek kontruksi di wilayah Tapanuli Tengah. Penetapan terhadap kedua tersangka itu, kata dia, dari hasil gelar perkara di Polda Sumut dan bukti-bukti dari keterangan saksi yang telah mencukupi. ST dan AT dilaporkan oleh korban Joshua Marudut Tua Habeahan ke Polda Sumut dengan nomor LP 546/IV/2018/SPKT III tanggal 30 April 2018. (ant/bs)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px