Log in

Kejari Tobasa Kumpulkan Dokumen Penting

Inspektur Wallen Hutahaean dan Kadis Kominfo Wilker Siahaan saat dikonfirmasi di Balige. Inspektur Wallen Hutahaean dan Kadis Kominfo Wilker Siahaan saat dikonfirmasi di Balige.

Terkait Dana Desa Perdinggaran Laguboti Tahun 2016

Tobasa-andalas Kantor Kepala Desa Pardinggaran, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), digeledah pihak Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Selasa (12/2) kemarin.  Penggeledahan dilakukan untuk kepentingan penyidikan dugaan penyimpangan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2016. Dari Kantor Kepala Desa, pihak Kejaksaan Negeri Toba Samosir membawa sejumlah dokumen penting terkait pengelolaan Dana Desa (DD) tersebut. Inspektur Kabupaten Tobasa Wallen Hutahaean, didampingi Kepala Dinas Kominfo, Wilker Siahaan, ketika dimintai komentarnya, membenarkan kejadian itu.

“Iya benar, kejadiannya semalam (Selasa 12/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Dari Kantor Kepala Desa Pardinggaran, pihak Kejaksaan Negeri Toba Samosir membawa dokumen-dokumen terkait Pengelolaan Dana Desa tahun 2016.  Selesai dari kantor kepala desa, pihak kejaksaan langsung ke Kantor Camat Laguboti dan disambut Sekcam. Karena pada waktu yang bersamaan, Camat sedang berada di Balige, di Balai Data Lantai IV Kantor Bupati untuk mengikuti Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tobasa Tahun 2019. Kedatangan pihak kejaksaan di kantor camat adalah untuk meminta dokumen serupa kepada Kasi PMD Kecamatan Laguboti,” terang Wallen di Balige, Rabu (13/2).

Wallen mengakui, sebagai  Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), pihaknya sudah mengaduit pengelolaan Dana Desa (DD), Desa Pardinggaran tahun 2016 tersebut. Audit dilakukan atas permintaan pihak Kejaksaan dan hasilnya sudah diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Toba Samosir. “Sebenarnya mengenai hal ini ada juga laporan kepada kami. Namun hasil pemeriksaan tidak ditindak lanjuti kepala desa bersangkutan. Hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai hal itu,” terangnya. Sebelumnya, Plt Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Eduward Bagariang di ruang kerjanya di Balige mengatakan, penggeledahan di kantor Kepala Desa Pardinggaran dilakukan untuk kepentingan penyidikan dugaan penyimpangan pengelolaan dana desa tahun 2016, di Desa Pardinggaran.

Karena tanggal 23 Januari 2018, diakui pihaknya sudah meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan. “Menurut perhitungan, kerugian negara akibat dugaan penyimpangan dana desa tersebut, mencapai Rp 500 juta lebih,” terangnya. Ditanya mengenai tersangka, Plt Kasi Pidsus Eduward Bagariang mengaku belum ditetapkan. “Tetapi dalam waktu dekat tersangka akan ditetapkan,” katanya. (edu)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 94%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Aug 2018 30°C 24°C
  • 18 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px