Log in

Hari Ini, Ops Simpatik Toba 2017 Mulai Digelar


1.481 Personel Dikerahkan

Medan-andalas Polda Sumut menggelar Operasi (Ops) Simpatik Toba 2017 selama 21 hari, terhitung mulai Rabu (1/3) ini sampai Selasa (21/3) mendatang di seluruh jajaran. Polda Sumut akan mengerahkan sedikitnya 1.481 personel, dengan rincian satuan Polda Sumut 90 personel dan satuan tugas kewilayahan 1.391 personel.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menjelaskan, dalam pelaksanaan Ops Simpatik Toba kali ini, pihaknya akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif disertai penegakkan hukum secara selektif prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang Lalulintas dan Angkutan Jalan (UULAJ), dengan Polantas sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial diruang publik yang berusaha untuk mewujudkan kamsetibcarlantas.

"Tujuan dan sasaran dari Operasi Simpatik Toba-2017 untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan dengan harapan terciptanya perubahan mindset berlalu lintas menjadi tertib (revolusi mental), terciptanya kamseltibcarlantas untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalulintas di Sumatera Utara," kata Nainggolan, Selasa (28/2).

Sasaran operasi, terang Nainggolan, adalah segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) pelanggaran terhadap UU No.22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Raya yang kasat mata dan berpotensi mengakibatkan ketidaktertiban lalulintas.

Target dari operasi orang, barang atau benda, lokasi atau tempat dan kegiatan, difokuskan terhadap UU No.22 tahun 2009 seperti melanggar rambu dilarang masuk (melawan arus), penggunaan helm, menyalakan lampu besar roda empat di siang hari, pelanggaran rambu dilarang berhenti, larangan parkir, menerobos lampu merah serta surat-surat kelengkapan dalam berkendaraan.

Sedangkan metode dalam pelaksanaan Operasi Simpatik Toba 2017 disesuaikan dengan karakteristik wilayah masing-masing dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung penegakkan hukum secara selektif prioritas.

”Untuk cara bertindak Operasi Simpatik Toba 2017, dengan melaksanakan deteksi dini, lidik dan pengamanan dan pemetaan lokasi dan tempat, pelaku dan waktu terjadinya pelanggaran serta kemacetan lalulintas,” terangnya. (DA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px