Log in

Hakim Sebut KPUM Seperti Rentenir

Saksi sidang KPUM dibentak hakim di PN Medan, Senin (13/11). Saksi sidang KPUM dibentak hakim di PN Medan, Senin (13/11).

Kutip Rp 17 Ribu Per Hari

Medan-andalas Ketua Majelis Hakim, Janverson Sinaga SH MH membentak dua saksi sidang lanjutan kasus penggelapan Down Payment (DP) pengadaan 179 unit mobil AVP di Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) di ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (13/11).

Dua saksi yang dihadirkan JPU tersebut adalah, Sekretaris I KPUM Halasan Rajagukguk dan E Sinaga, sebagai pembukuan uang kas KPUM.

Kemarahan hakim mulai terlihat manakala kedua saksi tidak membawa buku kas dalam persidangan. Padahal, itu sangat dibutuhkan untuk menguak kasus tersebut. "Mana buku kas, yang terus kau bilang itu," bentak hakim. Namun, bentakan itu justru dijawab santai oleh saksi E Sinaga. "Tidak saya bawa yang mulia," ujar E Sinaga.

Sementara, saksi Halasan Rajagukguk ketika ditanya, mengaku tidak tahu menahu soal pengadaan mobil dan juga Uang Panjar (UP), pengadaan mobil AVP KPUM. Saksi malah ‘melempar bola’ kepada Sekretaris II dan Bendahara Rayana Simanjuntak yang sudah ditetapkan sebagai terdakwa.

"Saya tidak tahu yang mulia. Kalau untuk pengadaan mobil AVP tersebut itu, sudah ada yang bertugas, bukan saya," kilah Halasan.

Dalam sidang itu, hakim juga menanyakan soal pemecatan terdakwa di KPUM, apakah sudah melalui rapat anggota. Saksi menyebut, ada rapat, namun hasilnya tidak ditulis di pembukuan. Mendengar jawaban tersebut, hakim langsung membentak kedua saksi yang selalu berbelit-belit dan malah menyatakan terdakwa bersalah.

“Seharusnya kalian memeriksa semuanya, sebab mana mungkin hanya satu orang terdakwanya kalau perkara tindak pidana korupsi. Kalau menurut saya kalian ini (KPUM) salah semua," kecam hakim. 

Sementara mengenai pengutipan uang iuran per hari untuk pengadaan mobil AVP tersebut, diakui saksi dilakukan sebesar Rp 17 ribu per hari.  Mendengar itu, hakim sempat terkejut dan menyebut pengurus KPUM seperti rentenir.

"Besar kali uang kutipan kalian kepada anggota yang nilainya Rp 17 ribu per hari, sudah kayak rentenir saja kalian ini bah," ucap hakim kepada saksi sembari menututp persidangan dan melanjutkannya Kamis (16/11) mendatang. (AFS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px