Logo
Print this page

Enam Kapal Asing Illegal Fishing Ditenggelamkan


Belawan-andalas Enam kapal asing pencuri ikan (Illegal Fishing) ditenggelamkan pihak Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan. Kapal yang ditenggelamkan merupakan hasil tangkapan instansi terkait di perairan Indonesia. Sedangkan untuk proses hukumnya diserahkan ke Dirjen PSDKP RI hingga berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Selama ini, diduga pemenang lelang kapal untuk kejahatan pencurian ikan tersebut menjualnya kembali kepada pemilik semula. Direktur Pengawasan PSDKP RI, Pung Nugroho kepada wartawan mengaku, merasa geram dan karena dikibuli pengusaha Indonesia yang memenangkan tender pelelangan, kemudian menjualnya kembali ke pemilik asal.

Enam kapal ikan asing yang ditenggelamkan itu merupakan hasil lelang yang dimenangkan pengusaha Indonesia, yang ternyata didanai pemilik kapal asal negara asing tersebut.

"Kapal tersebut kemudian diserahkan kepada pemiliknya, dioperasikan kembali dan berhasil ditangkap petugas kita," ungkap Pung Nugroho, Selasa (8/10).

Keenam kapal yang ditenggelamkan di perairan Lampu I Belawan itu, masing-masing tiga unit berbendera Thailand, dua Myanmar dan satu berbendera Malaysia. Sedangkan nakhoda dan awak kapal ditahan di Rutan Labuhan Deli.

“Dengan ditenggelamkannya keenam kapal itu bisa menjadi efek jera bagi nelayan asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia, karena sangat merugikan kehidupan para nelayan Indonesia,” sebut Nugroho.

Penenggelaman kapal dilakukan dengan cara dibocori di beberapa titik dan diberi pemberat batu koral sebanyak enam ton. Kapal tersebut merupakan hasil tangkapan petugas Ditpolair Polda Sumatera Utara dan petugas PSDKP Belawan sejak Januari 2019 lalu dan telah mendapatkan persetujuan atau izin dari Kementerian KKP di Jakarta. (DP)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com