Log in

Empat Terdakwa Narkoba Dituntut 6 Tahun

Para terdakwa narkoba mendengarkan tuntutan JPU di PN Stabat, Selasa (19/3). Para terdakwa narkoba mendengarkan tuntutan JPU di PN Stabat, Selasa (19/3).

Langkat-andalas Sidang lanjutan perkara narkoba kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Stabat, Selasa (19/3). Sidang itu menghadirkan terdakwa Rohisa Putra Tarigan alias Leman, Supaino alias Panjul, Junaidi Lubis alias Ijun dan Dedi Syahputra alias Melesek, seluruhnya warga Sawit Seberang, Kabupaten Langkat.

Dalam persidangan itu terungkap, keempat terdakwa ditangkap petugas Polres Langkat pada 20 November 2018 di sekitar kediaman mereka karena memiliki dan mengusai narkotika jenis sabu dan ganja.

Sidang beragendakan tuntutan itu dipimpin ketua majelis hakim R Aji Suryo dibantu dua anggota majelis dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rumondang Siregar. Rumondang Siregar membacakan tuntutan tersebut di hadapan para terdakwa yang didampingi penasihat hukumnya (PH).

Sidang itu diawali permohonan JPU kepada ketua majelis hakim untuk memeriksa dan mengadili terdakwa Rohisa Putra Tarigan CS serta menyatakan mereka terbukti bersalah.

Berdasarkan fakta persidangan dan keterangan saksi, JPU menyatakan terdakwa Rohisa Putra Tarigan CS terbukti bersalah secara sah dan menyakinkan, tanpa hak melawan hukum memiliki, menguasai empat bungkus narkotika jenis sabu seberat 0,24 gram dan ganja 0,3 gram.

Perbuatan para terdakwa sebagaimana telah melanggar UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka disangka dengan pasal 112 ayat (1), yakni memiliki menguasai dan menyimpan narkotika masing-masing dituntut selama 6 tahun penjara dikurangi masa dalam tahanan.

Selain itu, masing-masing terdakwa juga didenda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan dan dibebani ongkos perkara Rp 2000. Menanggapi tuntutan JPU, para terdakwa melalui PH-nya minta waktu sepekan untuk menyampaikan nota pembelaan (pledoi). (DN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px