Log in

Empat Pengurus P3TM Dituntut 3 Bulan Penjara


Medan-andalas Sidang kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan pengurus Pasar Marelan akhirnya sampai pada pembacaan tuntutan. Dalam tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejatisu, Abdul Hakim Sorimuda Harahap di hadapan majelis hakim diketuai Abdul Qadir, menuntut Ketua P3TM Pasar Marelan, Ali S selama tiga bulan penjara.

Sementara tiga pengurus P3TM lainnya, dengan majelis hakim berbeda juga dituntut masing-masing selama 3 bulan penjara oleh Abdul Hakim Sorimuda Harahap. Ketiga pengurus yang dituntut dalam sidang yang diketuai Tengku Oyonk, yakni Sekretaris sekaligus Bendahara P3TM, M Ali Arifin, Wakil Sekreatris P3TM Roni Mahera dan Anggota P3TM Pasar Marelan Rasdi Hasibuan.

Dalam tuntutannya, Abdul Hakim Sorimuda Harahap SH (JPU) menjelaskan, Ketua P3TM, Aliswan terbukti bersalah melanggar pasal 368 ayat (1) jo 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana melakukan pemerasan terhadap saksi korban Rotua.

Dalam sidang sebelumnya, penuntut umum menerangkan, saksi Rotua memberikan uang kepada Roni (terdakwa, red) splitan anggota P3TM sebesar Rp2 juta.

Selanjutnya, pihak polisi melakukan pengembangan dari keterangan Rony dan kedua rekannya, kemudian menangkap Ali S. Namun, dari fakta persidangan, uang tersebut merupakan bagian dari cicilan tempat pembelian lapak dagangan.

Penangkapan terjadi karena ada keresahan pedagang terhadap harga sosialisasi dan harga dari Pemko Medan. Dalam harga sosialisasi itu berkisar Rp9 hingga Rp15 jutaan, sedangkan dari Pemko Medan Rp5,4juta.

Usai pembacaan tuntutan majelis hakim menunda sidang hingga pekan depan untuk mendengarkan pembacaan nota pembelaan oleh Jimmy selaku penasihat hukum terdakwa Ali S dan tiga terdakwa lainnya. (mtc)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px