Log in

Dua Oknum ASN Dilaporkan ke Polisi

Korban memberikan keterangan kepada polisi yang menerima laporan dugaan penipuan dan penggelapan yang dialaminya, kemarin. Korban memberikan keterangan kepada polisi yang menerima laporan dugaan penipuan dan penggelapan yang dialaminya, kemarin.

Batu Bara-andalas Dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Batu Bara berinisial WI dan YI, dilaporkan  ke Polres Batu Bara karena diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan. Kedua terlapor disebut-sebut telah meminta uang kepada korban sebesar Rp 40 juta untuk proses penerimaan honorer di salah satu SKPD di Pemkab Batu Bara. Mhd Idris (45), sebagai pelapor, warga Desa Tali Air Permai, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, kemaron kepada wartawan di Mapolres Batu Bara mengaku ditipu oleh kedua terlapor yang menjanjikannya bisa diterima sebagai honorer. Dalam proses pengurusannya, terlapor meminta uang sebesar Rp 40 juta kepada korban.

"Uang itu saya penuhi dengan pembayaran bertahap. Tanggal 23/7/2017 terlapor mengambil Rp 7 juta, selanjutnya tanggal 26/3/2017 sebesar Rp 8 juta. Berikutnya, tanggal 31/7/2017 uang sebesar 25 juta diambil oknum ASN lain berinisial NG. Seluruh pengambilan uang berlangsung di rumah saya dan ditandatangani terlapor di atas materai," ungkap Idris. Namun, hingga waktu yang ditentukan berlalu tujuh bulan, terlapor tidak bisa membuktikan janjinya. Setiap kali ditanya, kedua terlapor tidak bisa memberikan penjelasan, baik soal uang yang telah mereka terima maupun mengenai penerimaan honorer. "Saya kecewa, kok mereka tega membuat saya seperti itu. Saya cuma seorang nelayan yang tidak memiliki uang banyak. Namun, karena anak saya yang ingin jadi pegawai/honorer, saya rela menggadaikan tanah warisan. Tapi apesnya kok malah saya ditipu," kesal Idris. Berdasarkan STPL No LP/79/III/SU/Res Batu Bara, tanggal 9 Maret 2018 diterima Kanit I SPKT Aiptu J Nainggolan, Idris meminta pihak kepolisian segera menangkap terlapor untuk mempertanggungjawabankan perbuatannya secara hukum. (pur/susi)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 May 2018 27°C 23°C
  • 24 May 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px