Log in

Dua Bom Diledakkan di Kebun Tebu Hamparan Perak


Medan-andalas Pemusnahan bom (disposal) milik jaringan terorisme di Medan dilakukan di lahan kosong  kebun tebu, Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Senin (18/11) sore. Pemusnahan itu disaksikan langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan jajarannya.

Bom tersebut didisposal dalam dua kali ledakan. Ledakan pertama dilakukan pada pukul 16.01 WIB, dan yang kedua 11 menit kemudian.

Usai peledakan, dilanjutkan dengan pemusnahan bahan-bahan bom berupa bubuk berwarna putih dan merah dalam kemasan dan bungkus plastik. Bahan peledak (handak) dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Sebutannya tetap disposal," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, ada dua barang bukti yang dimusnahkan, yakni yang sudah terangkai dan satu lagi masih berupa bahan-bahan untuk membuat rangkaian bom.

"Pertama bentuk kaleng dan di dalam pipa paralon yang sudah dirangkai diisolasi ban," terangnya.

Dua bom tersebut merupakan hasil penggeladahan polisi dan Densus 88 Antiteror di rumah Yanto, yang diduga sebagai salah satu rekan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, RMN. Dua bom yang ditemukan itu ada dua jenis, yakni bom pipa dan satu lainnya dirakit dengan kaleng cat.

Barang bukti tersebut, menurutnya sudah sempat dibuang jaringan pelaku ke sungai dan kemarin berhasil ditemukan tim yang melakukan penelusuran di Sicanang.

Menurut Agus, rangkaian bahan peledak walaupun low, namun jika jumlahnya banyak, dampak yang ditimbulkan juga akan besar.

"Kalau jumlahnya banyak, kiloannya banyak, dampak yang ditimbulkannya besar. Apalagi ditambah dengan potongan besi, itu bisa memancarkan bahan tajam yang membahayakan," jelasnya.

Dikatakannya, masih ada beberapa yang belum didisposal, misalnya senjata api rakitan, parang, sangkur, senapan angin dan lainnya. Kemudian ada tabung atau pipa paralon karena di dua ujungnya sudah disemen sehingga kalau salah penanganan bisa membahayakan petugas.

"Nanti dari Labfor yang akan melakukan," pungkasnya. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px