Logo
Print this page

DPRD Minta Bea Cukai Patuhi Putusan Hakim


Tanjung Balai-andalas DPRD Kota Tanjung Balai meminta kepada pihak Bea dan Cukai Teluk Nibung untuk mematuhi putusan hukum yang dijatuhkan Hakim Pengadilan Negeri Medan terkait penyitaan sebanyak 1.573 ballpres pakaian bekas milik warga daerah setempat.

Permintaan itu disampaikan pimpinan DPRD Kota Tanjungbalai Leiden Butar Butar, kemarin, sebagai kesimpulan dari rapat dengar pendapat (RDP) bersama ratusan warga pengunjuknrasa, pihak Bea dan Cukai (BC) Teluk Nibung serta pihak Lanal Tanjung Balai-Asahan di Aula I gedung dewan setempat.

Terungkap dalam RDP itu, Nazmi Hidayat mengatasnamakan Koalisi Rakyat Bersama (KBR) Indonesia Kota Tanjung Balai menyatakan, BC Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung telah mengangkangi putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 45/Pid.Pr/2018/PN yang memerintahkan agar BC mengembalikan mengembalikan barang sitaan yang ada.

Karena itu, pihaknya ingin DPRD Tanjung Balai menyahuti aspirasi masyarakat dan mendesak Kepala KPPBC Tipe Madya Pebean C Teluk Nibung segera mundur dari jabatannya karena dinilai tidak menghormati hukum dan gagal menjaga kondusifitas Kota Tanjung Balai.

Setelah melalui perdebatan dan mendengar tanggapan baik dari pihak pengunjuk rasa, Bea dan Cukai serta Lanal TBA, Wakil Ketua DPRD Tanjung Balai, Leiden Butar Butar menyatakan dewan tetap menyahuti aspirasi masyarakat dan menyelesaikannya.

"Atas nama rakyat dan untuk menghormati hukum, kami minta pihak BC Teluk Nibung mematuhi putusan hakim yang mengabulkan praperadilan sesuai putusan Hakim Pengadilan Negeri Medan," tegas Leiden Butar Butar.

Usai RPD itu, Kepala seksi P2 KPPBC Teluk Nibung Andri Irawan menyatakan, pihaknya masih akan bersikukuh untuk menahan ballpres tersebut dengan tiga alasan yaitu, prosesnya masih dalam penyidikan.

Kemudian, hingga saat ini BC belum menemukan Ishak S Pane selaku pemohon praperadilan yang dikabulkan oleh PN Medan tersebut, dan sama diketahui bahwa ballpres pakaian bekas merupakan barang ilegal yang dilarang masuk (impor) ke Indonesia.

"Tiga hal tersebut membuat kami (BC) masih belum bisa memenuhi atau melaksanakan putusan hakim tersebut. Namun demikian, sesuai hasil RDP ini akan saya sampaikan kepada pimpinan BC Teluk Nibung selaku pejabat yang berwenang mengambil keputusan," ujar Andri kepada pers.

Sementara itu, Kuasa Hukum pemohon Ishak S Pane yakni, Dani Sintara menegaskan, pihaknya terus berupaya maksimal untuk memperjuangkan hak kliennya karena dinilai telah memiliki dasar hukum yang kuat.

"Putusan hakim sudah jelas, permohonan klien kami dikabulkan dan ?BC diperintahkan untuk mengembalikan barang yang mereka sita kepada pemohon. Ini tidak bisa ditawar dan mutlak harus dipatuhi BC," tegas Dani Sintara dan diamini rekannya Juara Amin Tua. (ANT)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com