Log in

DPO Spesialis Curanmor di Sunggal Ditembak

Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna perlihatkan barang bukti dan tersangka curanmor yang ditembak di kaki kirinya, Rabu (6/12). Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna perlihatkan barang bukti dan tersangka curanmor yang ditembak di kaki kirinya, Rabu (6/12).

Medan-andalas Polsek Medan Sunggal melakukan tindak tegas terukur (tembak, red) terhadap seorang tersangka spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang sering beraksi di wilayah hukumnya. Tersangka RA alias Reza (20), warga Jalan Setia Km 13,5 Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang sempat masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) ditembak karena melakukan perlawanan saat dilakukan pengembangan. “Tersangka kami berikan tindakan tegas karena melakukan perlawanan saat dilakukan pengembangan,” ujar Kapolsek Medan Sunggal Kompol Wira Prayatna, Rabu (6/12). Dikatakan, tersangka Reza awalnya ditangkap di Hotel Milala, Jalan Medan-Binjai Km 13 pada Sabtu, 2 Desember 2017 sekitar pukul 13.00 WIB.

“Setelah kami amankan, tersangka kami bawa untuk pengembangan. Tapi, saat itu dia berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan terhadap petugas,” sebut Wira. Karena itu, sambung Wira, petugas memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali, namun tidak diindahkan tersangka. Petugas terpaksa mengarakan tembakan tepat ke kaki kiri tersangka. Selanjutnya tersangka dibawa ke Rumah Sakit Umum RS Bhayangkara  Medan untuk mendapatkan perawatan medis. Darinya disita barang bukti 2 celana jeans, 2 pasang sepatu, 1 kaos oblong dan 1 jaket warna merah. “Barang bukti tersebut dibeli tersangka dengan uang hasil kejahatannya,” pungkasnya.

Dikatakan, penangkapan tersangka merupakan hasil penyelidikan laporan korbannya, Haddip Sing (51), warga Dusun I Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru. Dalam laporannya, korban mengaku kehilangan mobil Taft nomor polisi BK 1459 LO di Jalan Binjai Km 13 Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang pada Senin, 25 September 2017 sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah menerima laporan personel Reskrim Polsek Sunggal langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, polisi mengidentifikasi identitas para pelaku. “Pelakunya 6 orang, 5 sudah teridentifikasi, 1 lagi belum. Dari 6 orang pelaku, 4 sudah kami tangkap. Sedangkan seorang lagi dengan inisial E dan temannya yang belum diketahui identitasnya masih kami cari,” terang Wira.

Dalam pemeriksaan, sambung Wira, tersangka Reza mengaku sudah lima kali melakukan aksi curanmor di wilayah Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.  “Setelah berhasil mengambil mobil korban, para tersangka menjualnya kepada seseorang yang tidak dikenal di daerah Stabat seharga Rp12 juta dan tersangka Reza mendapatkan bagian sebesar Rp 1,5 juta,” beber Wira. Beberapa aksi yang sebelumnya sudah berhasil dilakukan Reza adalah, pencurian satu unit kreta Honda Supra warna biru di Jalan Binjai KM 12. Selanjutnya, satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja RR warna hijau di Jalan Binjai Km 18, Honda Beat putih di Jalan Binjai Km 13,5 tepatnya di warnet Ganda dan Honda Supra 125 warna merah di Jalan Binjai KM 14,5 Bintang Terang Gang Bilal. “Seluruh hasil curian itu dijual kepada seorang penadah bernama Ojos (DPO) di Jalan Mencirim Pondok dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 1,8 juta hingga Rp5 juta,” ungkap Kapolsek menambahkan, tersangka dijerat pasal 363 ayat 2 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (ACO)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px