Log in

Dinkes Sumut Karantina 68 WNA dan WNI


Medan-andalas Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) saat ini tengah mengamati proses karantina 68 warga negara asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari Tiongkok.

Ke-68 orang itu saat ini diminta untuk sementara waktu tidak keluar rumah sampai masa inkubasi virus 14 hari ke depan tuntas.  "Kita amati karena kita lihat riwayat perjalanan mereka pernah singgah ke negara terjangkit virus corona. Tapi mereka itu sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) dr Alwi Mujahit Hasibuan saat menggelar konfrensi pers di Kantor Dinas Kesehatan Sumut, Senin (10/2) siang.

Alwi menerangkan, selama proses pengamatan, pihaknya bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga sudah menurunkan tim untuk memantau perkembangan kesehatan ke-68 orang tersebut.

Senada, Kabid Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi KKP Kelas I Medan, Rahmat Ramadhan Nasution menambahkan, sejumlah orang memang tengah menjalani proses karantina di rumah usai diperiksa di KKP, baik di Pelabuhan Belawan maupun Bandara Kualanamu.

Dia menjelaskan, bahwa mereka yang masuk dalam pengamatan ini tidak hanya berasal dari warga negara Asing, tapi juga terdapat Warga Negara Indonesia (WNI) yang juga memiliki riwayat perjalanan pernah singgah ke negara terjangkit corona.

"Perlakuan kita lakukan sama, baik itu WNA maupun WNI tetap kita minta untuk karantina di rumah selama 14 hari ke depan," ucapnya.  WHO sendiri menyebutkan tentang virus corona ini sudah menjadi permasalahan dunia. Sehingga banyak upaya pencegahan dan penanggulangannya telah dilakukan oleh badan kesehatan dunia beserta negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona terus bertambah. Kini korban jiwa akibat virus tersebut sudah mencapai 902 orang. Dikutip dari AFP, Senin (10/2) kasus kematian terbanyak pada 24 jam terakhir terjadi di Provinsi Hubei, Tiongkok, yaitu 91 meninggal dunia. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px