Logo
Print this page

Curi Ikan di Perairan Indonesia, WN Thailand Diadili


Medan-andalas Seorang warga negara Thailand, Supachai Puangnet (63), diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan. Dia didakwa telah mencuri ikan di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia.

Dalam dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Ruji Wibowo disebutkan, terdakwa merupakan  nakhoda kapal KM PKFB 1617 GT.25,58. Dia ditangkap tim Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada 22 Juli 2019 sekira pukul 22.07 WIB.

"Terdakwa dengan sengaja di wilayah pengelolaan perikanan RI Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia Selat Malaka pada posisi 04”15, 311’ N – 099” 45, 329’ E, melakukan usaha perikanan di bidang penangkapan, pembudidayaan, pengangkutan, pengolahan, dan pemasaran ikan, yang tidak memiliki SIUP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (1)," sebut JPU, Jumat (13/9).

Penangkapan itu dilakukan setelah petugas melakukan patroli di kawasan perairan tersebut. Ternyata, setelah diperiksa terdakwa yang saat itu bersama anak buah kapal (ABK), Am Wai Suamsai, tidak memiliki dokumen pribadi dan izin saat masuk ke wilayah perairan Indonesia.

Petugas menyita barang bukti dari penangkapan tersebut, yakni berupa satu kapal, ikan hasil tangkapan 5 kilogram, satu perangkap bubu dan lainnya.  Atas perbuatannya, terdakwa dijerat dengan Pasal 92 Jo Pasal 93 Ayat (2) UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Usai membacakan dakwaan, JPU langsung menghadirkan dua orang saksi dari PSDKP yang melakukan penangkapan. Dalam keterangannya kedua saksi, mengaku melakukan penangkapan terhadap terdakwa.

ABK Am Wai Suamsai juga dihadirkan sebagai saksi. Didampingi penerjemah bahasa, saksi mengaku hanya juru masak di kapal tersebut. Kapal tersebut milik warga Malaysia.  Selama melaut, mereka empat hari berada di perairan Malaysia. Namun, naas satu hari di perairan Indonesia, kedua pria tua ini ditangkap petugas. (AFS)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com