Log in

Cabuli Anak di Bawah Umur, Kakek 76 Tahun Dituntut 8 Tahun Penjara


Belawan-andalas Terdakwa Jalaluddin (76), warga Jalan Pasar XI Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli disidangkan secara tertutup di Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam Cabang Labuhan Deli, dengan agenda pembacaan tuntutan dan pledoi (pembelaan), Rabu (9/1).

Pria disebut kakek tersebut dinyatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabjari Labuhan Deli, Roy Andhyka Sembiring telah mencabuli anak di bawah umur berinisil N (15) sebanyak enam kali sehingga dituntut 8 tahun penjara.

Dalam tuntutan itu dinyatakan, terdakwa bersalah melanggar pasal 81 (2) UU RI No 35 Tahun 2004 perubahan UU RI No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Terdakwa terbukti melakukan pencabulan terhadap korban di waktu berbeda. Sidang agenda pledoi itu dipimpin majelis hakim Halida Rahardini, Udut Widodo Napitupulu, dan Halimatuksyahdiah.

Dalam pledoi lisannya, terdakwa membantah telah melakukan cabul terhadap N. Dia menyebut semua dakwaan itu rekayasa orangtua korban untuk mencari keuntungan.

Sementara, kepada andalas, Roy Andhyka Sembiring mengatakan, dalam persidangan, terdakwa tidak mengakui perbuatan cabul itu. Tapi, dari hasil visum, terdakwa sudah melakukan pencabulan.

"Terdakwa berhak membantah, tapi fakta visum dan saksi menunjukkan pencabulan terhadap korban," sebutnya.

Sidang dengan agenda putusan terhadap terdakwa akan digelar di PN Lubuk Pakam, Jumat (11/1).

Di luar sidang, anak terdakwa, Sri Anjani (42), warga Jalan Bliton Barat, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, tidak yakin orang tuanya yang sudah renta mencabuli korban.

Dia mengaku bapaknya sudah pisah dengan ibunya. Keseharian ayahnya bekerja di ladang, kemudian pulang ke rumah.

"Akhir-akhir ini, tetangganya yaitu ibu kandung 'N tidak suka kepada bapak karena usil, maklumlah sudah tua. Mana mungkin sanggup lagi melakukan cabul setua itu terhadap gadis baru gede," kata Sri Anjani.

Sri Anjani berharap majelis hakim memberikan pertimbangan dalam putusannya, karena  usia bapaknya sudah renta.

"Dimohon, hari tuanya jangan hidup di penjara sampai meninggal dunia," lirihnya. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px