Log in

Zahir Kerahkan Ekskavator Atasi Banjir di Batu Bara


Bupati Batu Bara Ir Zahir meninjau sejumlah lokasi yang terdampak banjir di wilayahnya. Tidak sekadar meninjau, Zahir juga langsung menurunkan alat berat berupa ekskavator untuk melakukan pengerukan di sejumlah titik kanal maupun sungai yang ditengarai sebagai penyebab banjir.

"Kita sudah melihat beberapa titik yang menyebabkan banjir. Ternyata banyak kanal-kanal, sungai yang sedimentasinya sudah tinggi. Untuk itu perlu segera dilakukan pengerukan. Kita sudah turunkan ekskavator. Ini yang dari Medan akan segera turun juga," kata Zahir saat meninjau lokasi banjir di Desa Padang Genting, Kecamatan Talawi, Batu Bara, Rabu (30/10).

Ia mengatakan, bencana banjir memang terjadi di beberapa wilayah, tidak hanya di Kabupaten Batu Bara saja. Tetapi yang harus dilakukan, bagaimana apabila air datang, air tidak terlalu lama menggenangi permukiman warga.

"Memang banjir terjadi di beberapa wilayah, tidak hanya Batu Bara. Ini banjir kiriman dari atas. Tapi yang harus diselesaikan, bagaimana kalau air datang, tidak lama-lama tergenang. Maka drainasenya harus bagus. Untuk itu, drainase, kanal, dan sungai yang ada harus segera dinormalisasi,"  katanya.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Batu Bara sudah melakukan beberapa langkah dalam penanggulangan bencana banjir. Diantaranya, penyaluran bantuan logistik kepada korban banjir, pembuatan posko pengungsi, dapur umum serta posko kesehatan.

Selain itu, Zahir berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Batu Bara agar sigap dalam penanganan masalah banjir. Kepada masyarakat, agar mendukung langkah-langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

"Kita harap masyarakat mendukung langkah-langkah yang kita buat. Ini tadi ada pula masyarakat yang menolak alat berat masuk untuk melakukan pengerukan. Kepada OPD, kita harap lebih sigap. Ini memang sudah sigap, tapi masih kurang cepat," ujarnya.

Anggota DPRD Batu Bara dari Fraksi PDIP, M Syafii berharap kepada jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Batu Bara agar lebih sigap dan cepat dalam penanganan bencana banjir.

"Kita apresiasi langkah dari Bupati Batu Bara. Untuk OPD, agar lebih sigap dan cepat dalam penanganan banjir," pungkasnya

Data yang dihimpun jumlah rumah terdampak banjir di Kabupaten Batu Bara sebanyak 1.955 unit. Tersebar di sejumlah wilayah, yaitu Kecamatan Talawi sebanyak 864 unit, Kecamatan Datuk Lima Puluh (445 unit), Kecamatan Laut Tador 95 unit, Kecamatan Medang Deras (11 unit), Kecamatan Datuk Tanah Datar (19 unit), Kecamatan Sei Suka (5 unit), dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir (614 unit). (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px