Log in

Wali Kota Medan Dzulmi ELdin: Generasi Qur'ani Wujudkan Medan Rumah Kita yang Religius

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution foto bersama unsur Forkopimda Kota Medan dan alim ulama pada pembukaan MTQ ke-52 Kota Medan 2019 di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Medan Marelan, Sabtu (9/3) malam. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution foto bersama unsur Forkopimda Kota Medan dan alim ulama pada pembukaan MTQ ke-52 Kota Medan 2019 di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Medan Marelan, Sabtu (9/3) malam.

Medan-andalas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh umat Muslim Kota Medan untuk terus menggali potensi, minat dan baca Al Qur’an menuju generasi Qur’ani yang cerdas, berprestasi dan berahlaqul karimah guna mewujudkan Medan Rumah Kita menjadi masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan ketika membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-52 Tingkat Kota Medan tahun 2019 di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (9/3) malam.

"Saya yakin lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang menggema selama pelaksanaan MTQ ini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat. Itu sebabnya Pemko Medan rutin menggelar MTQ setiap tahun," kata Eldin.

"Saya juga yakin event ini dapat menjadi forum silaturahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sesama warga Kota Medan," lanjut Eldin.

Di hadapan puluhan ribu masyarakat yang menghadiri acara pembukaan, Eldin berharap agar MTQ dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Secara nyata, MTQ telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

"Yang terpenting, bagaimana penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia," ujarnya.

Pembukaan MTQ tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli, seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat dan lurah se-Kota Medan, alim ulama, tokoh masyarakat.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Wali Kota Medan bersama unsur Forkopimda Kota Medan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari Camat Medan Area Ali Sipahutar kepada Wali Kota Medan. Selanjutnya, Wali Kota menyerahkannya kepada Ketua Panitia MTQ untuk diperebutkan kembali dalam MTQ ke-52 ini.

Pelaksanaan MTQ ke-52 Tingkat Kota Medan 2019 akan berlangsung selama sepekan mulai Sabtu (9/3) hingga Sabtu (16/3) mendatang. Ada delapan cabang yang dimusabaqahkan yakni Cabang Mujawwad (MTQ), Hifzil Qur'an (MHQ), Fahmil Qur’an (MFQ), Syarhil Qur’an (MSQ) Khattil Qur’an (MKQ), Tafsirul Qur’an, Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an   (M2IQ) serta Musabaqah Hadis Nabi.

Sebelumnya, Sabtu (9/3) pagi, sekitar 25 ribu orang kafilah mengikuti pawai ta'aruf yang merupakan rangkaian pembukaan MTQ ke-52 tersebut di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Pawai ta'aruf yang dilepas langsung oleh Dzulmi Eldin dilakukan untuk menyemarakkan pembukaan MTQ sekaligus membangunan silaturahmi antara kafilah dengan warga sekitar serta mengajak masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan festival pemuliaan kitab suci Al Quran tersebut.

Pelepasan prosesi pawai ta'aruf diawali dengan marching band dan diikuti paskibraka. Setelah itu menyusul polisi cilik serta kontingen dari kecamatan Medan Area selaku juara umum. Dalam pawai ta’aruf itu, Kecamatan Medan Area membawa piala bergilir yang mereka rebut di MTQ ke-51 tahun 2018 yang berlangsung di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan.

Iringan pawai ta'aruf ditutup dengan kafilah dari Kecamatan Medan Marelan sebagai tuan rumah. Camat Medan Marelan kemudian menyerahkan ratusan balon kepada Wali Kota Medan. Setelah itu Wali Kota bersama Ketua TP PKK melepaskan balon bersama-sama tanda selesainya pawai ta’aruf tersebut. (BEN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px