Log in

Wakil Bupati Sergai: Jamaah Harus Wujudkan Kedamaian dan Persaudaraan Dalam Membangun Daerah

Wabup Sergai Darma Wijaya tengah menepung tawari calon jamaah haji di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Wabup Sergai Darma Wijaya tengah menepung tawari calon jamaah haji di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Tepung Tawar 192 Calon Jemaah Haji

Sebanyak 192 Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ditepung tawari oleh Wabup Darma Wijaya dihalaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (12/7).

Acara dihadiri, Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar ST, Wakil Ketua DPRD Hasbullah Hadi Damanik, Riadi SPd dan Defriati Tamba, Anggota DPRD, Wakapolres Sergai Kompol Erizal SH MH, Ketua MUI H Lukman Yahya, Ketua FKUB Drs H Irfan L Fuadi Lubis, Kakan Kemenag DR H Syafii MA Mewakili Kajari Sergai, Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny drg Hj Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Al-Ustadz Prof DR Muzakir MA, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wabup Sergai Darma Wijaya mengungkapkan bahwa untuk tahun 2017 kuota Jamaah Haji Indonesia kembali normal, yang sebelumnya tahun 2013 untuk Jamaah Haji Indonesia dikurangi sebanyak 20 % dikarenakan adanya rehabilitasi Masjidil Haram. Dengan normalnya kembali kuota tersebut diharapkan dapat mengembalikan kesempatan bagi jamaah calon haji yang sudah mendaftar untuk lebih cepat berangkat ke tanah suci Mekkah.

Berdasarkan informasi yang didapat bagi masyarakat yang mendaftar untuk berangkat haji tahun 2017, maka harus menunggu 15 tahun kedepan baru dapat berangkat haji. Pada tahun 2016 keberangkatan jamaah calon haji berada pada kloter 17 (terakhir) dan untuk tahun ini Sergai diposisi kloter 2 yang sistem keberangkatannya ditentukan oleh kelengkapan pasport dan dokumen haji lainnya.

Sedangkan tepung tawar haji yang dilakukan saat ini bertujuan untuk memohon keridhoan Allah SWT, agar para calon jamaah haji selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kemudahan untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan perintah Allah kepada umat manusia diseluruh penjuru dunia.

Selanjutnya masih dalam suasana Bulan Syawal dan hendaknya kita jadikan moment untuk memperbaiki kembali hubungan kita dengan sesama suadara lewat halal bi halal. Membuka lembaran baru persaudaraan kita dengan didasari kasih dan sayang, Insya Allah dengan tali ukhwah diantara kita menjadikan kita umat yang senantiasa menjunjung tinggi persaudaraan dan kesatuan.

Mengakhiri sambutannya, Wabup mengajak seluruh jamaah untuk mewujudkan kedamaian dan indahnya persaudaraan dalam membangun daerah. “Insya Allah persaudaraan yang dijadikan yel-yel Sergai dapat terwujud dengan persatuan dan kebersamaan dalam ridho Allah SWT,” pungkasnya.

Sebelumnya Kakan Kemenag Sergai DR H Safii MA dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah jamaah calon haji asal Sergai tahun 1438 H /2017 M sebanyak 192 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 75 orang dan Perempuan 117 orang. Untuk jamaah haji termuda bernama Siti Rahayu Binti Ismail dengan usia 30 tahun.

Kemudian jamaah tertua bernama Hamidah Binti Marzuki usia 79 tahun.  Selanjutnya jamaah akan masuk asrama pada tanggal 28 juli 2017 dan berangkat tanggal 29 Juli 2017 tergabung dalam kloter 2. Sedangkan untuk pemulangan jamaah haji dari Jeddah tanggal 7 September 2017 dan tiba di Indonesia tanggal 8 September 2017, kata Kakan Kemenang. (RYAD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Oct 2017 29°C 23°C
  • 24 Oct 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px