Log in

Terima Kasih PATEN


Masyarakat Sumatera Utara tetap Mengenang Jasamu

Masyarakat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) salut dan bangga terhadap kepemimpinan Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi yang dengan kepiawaian, ketenangan, kesantunan dan jiwa besarnya mampu mengayuh bahtera Sumut yang cukup dinamis dan heterogen ini dengan aman dan damai hingga di ujung periodesasinya secara mulus pertengahan bulan Juni 2018. Didampingi wakilnya Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, Sumut kini benar-benar menjadi provinsi sejuk yang dewasa, cerdas, kreatif, objektif dan rasional.

Sejumlah tokoh dan elemen strategis kemasyarakatan Sumut secara garis besar menyimpulkan hal itu, ketika ditanyai wartawan secara terpisah pekan ini di Medan, sehubungan akan berakhirnya masa jabatan Tengku Erry dan Hj Nurhajizah pada pertengahan bulan ini. Mulai dari ulama dan pemuka agama, kalangan kampus dan intelektual, bupati dan walikota, tokoh birokrat senior, kalangan pers dan media massa, mahasiswa hingga masyarakat awam dan berbagai elemen lainnya berpendapat demikian.

"Terima kasih dan salut kepada Pak Tengku Erry Nuradi. Namamu telah terukir dengan tinta emas dalam perjalanan panjang sejarah Provinsi Sumut sebagaimana yang juga telah ditorehkan dengan baik oleh Alm H Tengku Rizal Nurdin, abang kandung Pak Tengku Erry, yang sebelumnya juga pernah menjabat Gubernur Sumut dua periode. Abang beradik dari ibu yang sama telah menorehkan jasa di provinsi yang sama pula. Kami tetap mengenang jasamu," ujar sejumlah masyarakat hampir senada.

Gubernur Erry Nuradi sendiri menanggapi hal itu tampak terharu. Matanya kelihatan berkaca-kaca ketika dikonfirmasi wartawan tentang pendapat berbagai elemen masyarakat itu. Meski dia mengakui masih banyak yang belum optimal selama dia memimpin di pemerintahan, terutama kurun waktu 2 tahun 10 bulan, selaku gubernur definitif, namun sejumlah keberhasilan yang telah dicapai diharapkannya dapat terus ditingkatkan semua pihak di masa mendatang, siapa pun nanti gubernurnya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap lapisan masyarakat. Banyak interaksi yang sudah kita lakukan. Saya selalu berusaha mengakomodir semua aspirasi yang berkembang, meski saya akui juga, pasti belum sempurna dan masih banyak harapan yang belum terpenuhi, antara lain karena keterbatasan waktu yang ada. Namun apa pun itu, plus dan minusnya, saya mengucapkan terima kasih. Semua yang bisa saya lakukan tentu terlaksana karena adanya dukungan dan partisipasi masyarakat," ujarnya didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala, kemarin.

Erry bersyukur di tengah keterbatasan yang ada, sejumlah hal sudah bisa dilakukan secara bersama-sama. "Alhamdulillah atas semua itu. Misalnya dalam pengelolaan keuangan provinsi sudah mendapatkan penilaian yang baik dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 4 tahun berturut-turut dan merupakan yang pertama dalam sejarah Sumut. Ombudsman juga sudah memberikan penilaian hijau terhadap pelayanan publik Provinsi Sumut. Banyak lagi hal lainnya, misalnya program e-government kita dengan bantuan pihak Koorsupgah KPK telah mendapat pengakuan baik dari KPK. Ini semua merupakan langkah maju Sumut," ujarnya.

Secara umum, lanjut mantan Bupati Sergai dua periode ini, langkah-langkah pembangunan Sumut sudah sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Sumut yang telah disahkan oleh DPRD Sumut.

"Semua target-target yang diamanahkan dalam RPJMD itu dapat kita capai. Kita berharap gubernur mendatang bisa meningkatkan hal-hal baik yang telah kita capai, sedangkan kekurangan yang ada dapat diperbaiki. Kepada seluruh masyarakat Sumut saya pesankan tetap memberikan dukungan kepada pemerintahan  provinsi ke depan agar kita bisa bersama-sama menjadi warga Sumut yang bangga terhadap provinsi kita ini. Kalau ada yang kurang, saya mohon maaf. Ke depan saya tetap mengimbau jaga persatuan dan kesatuan agar Sumut menjadi lebih hebat dan lebih paten," ujarnya.

Menjadi Motivasi Masyarakat

Sejumlah ulama dan pemuka agama, diantaranya Al Ustadz KH Amiruddin MS mengemukakan figur Tengku Erry layak menjadi acuan dan motivasi bagi masyarakat Sumut, khususnya generasi muda, tentang gambaran sosok putra Sumut yang sukses menjalani karier dari seorang pengusaha muda yang enerjik beralih ke kancah dunia birokrat yang berhasil di bidang eksekutif. Beliau mengawali kesuksesannya di bidang pemerintahan sebagai bupati di Kabupaten Serdangbedagai, kemudian menanjaki karier selaku Wakil Gubernur, pelaksana tugas (Plt) Gubernur hingga menjadi Gubernur definitif secara sukses.

"Ciri khas kepemimpinan Pak Tengku Erry sejak menjabat bupati hingga gubernur adalah kemampuannya mewujudkan sistem kepemimpinan yang sejuk, santun, berbahasa sopan dan lemah lembut serta mengambil keputusan tidak terburu-buru. Ini perlu dicontoh oleh generasi muda," ujarnya, seraya mengakui gaya kepemimpinannya ini mampu menjadikan kondisi sosial politik dan kemasyarakatan Sumut yang heterogen dan dinamis ini tetap kondusif, dan menjadi salah satu model provinsi rukun dan damai di Indonesia.

Al Ustadz berharap, kiprah Erry Nuradi terus berlanjut bagi bangsa dan negara ini. "Beliau Insya Allah diangkat menjadi menteri. Kami mendoakan sekaligus mendorong pemerintah pusat agar bisa menjadikan Pak Tengku Erry salah seorang menteri dalam kabinet pemerintahan negara ini. Beliau memiliki kapasitas untuk itu," ujar Kyai yang juga Pimpinan Majelis  Taklim Tazkira ini seraya mengemukakan dari lubuk hati yang paling dalam, pihaknya bersama seluruh jamaah Tazkira mendoakan Tengku Erry Nuradi dan keluarga senantiasa sehat wal afiat dan sukses dalam karier selanjutnya.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumut DR H Arso SH MAg juga senada dengan ini. "Kita bersyukur ke hadirat Allah SWT dengan berkah dan ridho-Nya maka Pak Tengku Erry mampu mengayuh bahtera Sumut yang besar dan dinamis ini hingga akhir masa jabatannya. Insya Allah Pak Tengku Erry mengakhiri masa jabatan ini dengan khusnul khotimah. Artinya, di akhir tugas beliau, masyarakat bersyukur jalannya pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Sumut berlangsung selamat dan tugas yang diamanahkan kepada beliau diemban dengan baik," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Ketua Badan Hisab Rukyat (BHR) Pengurus Besar (PB) Al Jam’iyatul Washliyah ini, wajar dan patut semua pihak menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas seluruh pengabdian maupun prestasi yang telah diraih provinsi ini selama kepemimpinan Tengku Erry. "Selaku manusia, wajar jika ada yang menganggap masih ada kekurangan, namun tidak bisa dipungkiri sejumlah keberhasilan telah dicapai. Bisa dikatakan, kalau pun masih ada yang merasa belum sepenuhnya puas, namun kita bisa merasakan jauh lebih banyak yang terbaiknya yang diberikan beliau bagi Sumut," ujarnya.

"Kita bersyukur hingga akhir masa jabatannya Pak Tengku Erry dapat menyelesaikannya dengan akhir tugas yang baik. Kami mendoakan semoga semua yang telah diberikan Pak Tengku Erry bagi kemaslahatan Sumut mendapat Ridha Allah SWT dan menjadi amal ibadah. Ke depan, mudah-mudahan Allah SWT memilih yang terbaik untuk Pak Tengku Erry. Apa pun pilihan terbaik yang diberikan Allah SWT, Insya Allah dapat diemban beliau dengan tetap tawakkal, sabar dan istiqomah," ujarnya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumut Dr H Maratua Simanjuntak dan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kol (Purn) H Nurdin Sulistyo dalam setiap kesempatan juga mengakui kepemimpinan Tengku Erry sejuk dan kondusif. Mereka bersyukur, hubungan ulama, umara dan masyarakat di Sumut sangat harmonis dan kondisi ini merupakan salah satu modal sosial utama provinsi ini sehingga cukup kondusif hingga saat ini.

Dengan kepemimpinan seperti ini telah terbangun iklim komunikasi segitiga yang lebih kondusif dan produktif antara pemuka agama, pemerintah dan masyarakat dari berbagai komponen dan elemen strategis. Hal ini terbukti ampuh dimanfaatkan untuk diskusi dan dialog aktif sekaligus saling merenung dan mensyukuri hubungan ketiga komponen strategis ini di Sumatera Utara berjalan cukup baik dan harmonis, sehingga kondisi sosial dan kemasyarakatan daerah ini Alhamdulillah tetap dalam keadaan kondusif.

Dengan kokohnya keakraban dan persaudaraan ini akan menambah motivasi masyarakat untuk menjalin tali silaturrahmi dengan seluruh komponen dan elemen masyarakat. Dengan jalinan tali silaturahmi yang erat maka kebersamaan kita seluruh masyarakat Sumatera Utara akan lebih mantap, sehingga  hal  itu  menjadi    kekuatan tersendiri dalam mendukung program pembangunan provinsi ini.

Jadi jelaslah dalam suasana kehidupan keagamaan dan kerukunan umat beragama yang cukup harmonis dan situasi keamanan di Sumatera Utara sangat kondusif, aktivitas perekonomian berjalan cukup lancar dan pembangunan berbagai bidang dapat terlaksana sesuai yang direncanakan, serta mendapat partisipasi dan dukungan penuh masyarakat.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 12.87 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px