Log in

Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ilustrasi

Taoge atau kecambah sering digunakan sebagai bahan makanan terutama di benua Asia. Taoge digolongkan sebagai sayur-sayuran dan memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

Jenis vitamin yang banyak terdapat dalam taoge adalah vitamin E, ada pula vitamin A, C dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Ada beberapa mitos dan fakta di balik manfaat taoge yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya seperti dipaparkan oleh dr. Juwalita Surapsari, SpGK, kemarin.

Dapat meningkatkan kesuburan wanita?
Taoge dapat meningkatkan kesuburan wanita ternyata hanya mitos. Taoge memang memiliki kandungan zat folat yang bagus yang baik untuk ovarium atau indung telur.

Meski begitu, taoge tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber makanan untuk meningkatkan fungsi indung telur. Sedangkan pada pria, taoge memiliki antioksidan yang bisa melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari taoge ini, Juwalita menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram atau setara satu mangkuk kecil taoge. Dalam 100 gram taoge mengandung 600 mikrogram asam folat yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari tubuh Taoge dapat mencegah kanker?

Ternyata hal itu adalah fakta. Taoge memang memiliki nutrisi yang luar biasa. Vitamin dan mineral dalam taoge lebih tinggi dan ada kandungan fitoestrogen alamiah yang fungsinya sebagai antikanker.

Hal itu fakta, karena sering mengonsumsi sayuran, termasuk taoge, bisa membuat kulit bersih. Manfaat ini didapat karena kandungan serat yang membuat buang air besar menjadi lancar. Selain itu, antioksidannya juga dapat membantu regenerasi kulit.

Taoge bisa meningkatkan vitalitas pria?
Itu adalah mitos. Faktanya, taoge mengandung fitoestrogen atau hormon estrogen alami dari tumbuhan yang punya efek pada lapisan pembuluh darah. Kandungan ini dapat membuat pembuluh darah menjadi licin sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari taoge, jadi jangan ragu untuk sering-sering mengonsumsinya. Namun, harus diingat, sebelum mengolah taoge, pastikan untuk mencucinya sampai bersih dengan air mengalir. Karena taoge dibudidaya dengan media tertutup dan lembap, taoge rentan terkena bakteri sehingga harus dicuci bersih.

Sebelum dikonsumsi, taoge harus direbus sebentar atau minimal disiram dengan air panas dengan suhu 70 derajat. Ketika dimasak pun jangan sampai taoge menjadi benarbenar layu.

Penyebab Sulit Hamil
World Health Organization (WHO) menemukan terdapat 1 dari 4 pasangan di negara berkembang yang mengalami gangguan kesuburan. Penyebabnya ternyata bisa dipicu oleh pihak pria maupun wanita.

Pria dan wanita memiliki persentase masalah kesuburan yang seimbang. Artinya, tidak melulu penyebab sulit hamil dipicu hanya dari pihak wanita.

"Gangguan kesuburan dipicu oleh faktor 35 persen pada pria dan 35 persen pada wanita. Sisanya, disebabkan oleh keadaan yang belum diketahui," ujar spesialis kandungan, dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K), di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski begitu, pada pria memang sudah jelas alasan gangguan kesuburan terletak pada faktor sperma yang dimiliki yang mencakup jumlah, bentuk, hingga gerakannya. Selain itu, saluran pada tempat keluar sperma harus lancar tanpa adanya gangguan sama sekali.

"Gaya hidup penyebab buruknya produksi sperma, sehingga kualitasnya tak mampu membuahi seperti jumlahnya yang sedikit atau bentuk tidak normal. Bisa juga karena ada semacam varises di organ intim sehingga membuat kualitas sperma yang dikeluarkan tidak baik," ujarnya menjelaskan.

Gaya hidup buruk tersebut mencakup penyimpanan gawai di kantong celana hingga hobi sauna, di mana radiasi gawai dan suhu panas memicu buruknya kualitas sperma. Sementara pada wanita, gangguan kesuburan bisa lebih beragam antara lain gangguan pematangan telur, kerusakan saluran telur, hingga kista di sel telur. Di mana hal tersebut bisa disebabkan oleh gaya hidup serta genetik.

"Usia 37 tahun membuat jumlah sel telur menurun drastis, maka usia untuk hamil sangat menentukan. Selain itu, kondisi PCOS dan kista cokelat membuat rahim sulit mempertemukan sel telur dengan sperma."

Persiapkan Kehamilan
Momen kehamilan merupakan hal yang paling ditunggutunggu oleh banyak pasangan suami istri. Namun, untuk sukses meraih kehamilan, bukan berarti tidak membutuhkan persiapan yang matang.

Pada 6 bulan pertama usia pernikahan, sebesar 75 persen peluang kehamilan dapat diraih. Sementara itu, usai 1 tahun pernikahan, sekitar 85 persen peluang kehamilan bisa didapatkan.

"Peluang tersebut bisa didapatkan dengan syarat tiap pasangan sudah berhubungan seks dengan benar dan teratur. Disarankan berhubungan seks sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga kualitas sperma tetap baik," ujar spesialis kandungan, dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K), di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain itu, usia wanita sangat menentukan peluang kehamilan. Dmana jumlah sel telur perempuan akan menurun drastis saat mencapai usia 37 tahun.

"Di usia 37 tahun, sel telur tersisa 25ribu dari saat awal 75ribu. Kalau menikah di atas 35 tahun dan sudah 6 bulan belum hamil, segera periksa kondisi kesehatan ke dokter," kata dia.

Gaya hidup pria juga berperan seperti pada perokok berat, akan sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Adapun untuk nutrisi, terdapat tiga macam yang perlu disiapkan.

"Nutrisi yang jelas menunjang kehamilan adalah asam folat. 3 bulan sebelum kehamilan, konsumsi folat sebanyak 400mg. Lalu asupan gandum utuh serta Omega 3 seperti telur dan ikan."

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px