Log in

Tak Perlu Risau Lagi, Basmi Jerawat dan Bekasnya dengan Rempah-rempah


Jerawat merupakan musuh bagi banyak orang terutama wanita. Jerawat dapat menganggu penampilan apalagi jika terdapat noda yang ditinggalkan. Tak heran beragam cara dilakukan demi menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya dengan menggunakan obat.

Pengobatan ini seperti pemberian antibiotik, benzoil peroksida dan obat kimia lainnya. Namun, obatan-obatan ini tidak dapat digunakan untuk jangka panjang.
Sebenarnya, jerawat adalah sebuah peradangan dalam tubuh. Peradangan ini sendiri telah terbukti dapat disembuhkan secara alami. Tak perlu biaya mahal, rempah-rempah yang ada di dapur pun ternyata dapat menyembuhkan peradangan penyebab jerawat.

Sekira lima  rempah termahal di dunia, mayoritas asal Indonesia

Rempah-rempah ini dapat membantu menyembuhkan sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan anti peradangan dalam bahan-bahan alami ini aman digunakan untuk membasmi bekas jerawat yang kadang sulit hilang.

Rempah-rempah ini mudah ditemukan. Mungkin Anda sendiri menyimpannya di dapur sebagai penyedap makanan. Selain menghilangkan noda jerawat, bahan-bahan alami ini juga dapat menghaluskan kulit wajah.

Dengan takaran dan campuran yang pas, kulit mulus bebas jerawat tak mustahil lagi didapatkan. Berikut tiga rempah-rempah yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan noda jerawat secara alami  yang dilansir dari berbagai sumber dan Lifehack, Senin(18/2/2019).

1.Pala

Rempah-rempah untuk menghilangkan jerawat. Biji pala (Myristica fragrans) merupakan rempah-rempah yang biasa ditambahkan pada masakan atau kue. Tak hanya mampu menambah cita rasa, tanaman yang paling banyak dihasilkan di Maluku ini memiliki fungsi hebat pada tubuh salah satunya untuk kulit.

Biji pala merupakan sumber mangan, folat, vitamin B6, dan magnesium. Selain itu, pala mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi. Ketika dioleskan pada kulit, kandunganya akan meningkatkan kesehatan kulit Anda. Pala membantu mengurangi peradangan, iritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan membuat kulit Anda terlihat halus merata.

Kandungan pada pala dapat mempercepat penyembuhan kulit akibat peradangan. Pengaplikasian campuran pala dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi jaringan parut. Hal ini dapat membantu menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas luka.

Cara terbaik menggunakan rempah ini untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah dengan mencampur bubuk pala yang baru diparut dengan madu dan mengaplikasikannya ke wajah yang berjerawat.

Dengan mengaplikasikannya secara teratur masker ini tidak hanya akan menyembuhkan jerawat Anda tetapi juga membantu mengurangi jaringan parut yang ditinggalkan oleh jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Selain itu kandungan pala melembabkan kulit Anda dan meratakan warna kulit Anda.

2.Kunyit

Kunyit banyak digunakan dalam berbagai masakan untuk bumbu penyedap. Selain itu kunyit juga digunakan sebagai bahan obat tradisonal mulai dari luka hingga masuk angin. Banyak jamu dan obat tradisonal yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Hal ini karena kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya sangat berguna dalam pengobatan. kunyit juga berguna sebagai anti bakteri, yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kunyit juga memiliki unsur-unsur yang membantu penyembuhan luka dan membantu mengurangi noda bekas luka. Kunyit yang dioleskan ke wajah dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Namun, karena warnanya yang kuning dapat bertahan lama di kulit, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Anda dapat mencampur kunyit dengan bahan lain seperti madu atau alpukat lalu gunakan sebagai masker wajah. Selain menyembuhkan jerawat, kunyit juga bisa mencerahkan kulit wajah Anda jika digunakan secara teratur.

Gunakan 2 sendok teh madu atau setengah alpukat yang dihaluskan dan campur dengan 1/2 sendok teh kunyit organik. Oleskan merata ke wajah Anda diamkan selama setengah jam dan basuh dengan air hangat.

Selain diaplikasikan pada kulit, Anda bisa menambahkan 1/4 sendok teh kunyit ke dalam segelas air hangat dan meminumnya. Mengonsumsinya dari dalam akan turut menyembuhkan peradangan di tubuh Anda dan membantu melawan jerawat dari dalam secara alami.

3.Kayu Manis

Kayu manis juga memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Hal ini menjadikannya sebagai rempah yang ampuh untuk melawan jerawat secara alami. Namun kayu manis adalah rempah dengan kandungan kuat dan tidak boleh dioleskan langsung ke kulit Anda.

Anda dapat menggunakan campuran kayu manis sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat. Pastikan Anda mencampurnya dengan cream base masker seperti madu atau susu.

Namun kayu manis paling baik jika dicampur dengan madu karena madu akan melembapkan kulit Anda dengan lembut sambil menyembuhkan noda jerawat yang ada.

Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk kayu manis ke kopi atau teh Anda. Cara ini dapat membantu menurunkan gula darah Anda dan akan mengurangi peradangan di tubuh Anda yang juga berarti akan dengan cepat meyembuhkan jerawat.(lp/bs/net)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px