Log in

Surya Paloh:Toleransi Harus Terus Dijaga

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menandatangani prasasti peresmian Gedung DPW Partai NasDem Sumatera Utara di Jalan Prof HM Yamin, No.41 Medan, Kamis (20/02/2020) (kiri). Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pengguntingan pita sebelum meninjau sejumlah ruangan Gedung DPW Partai NasDem Sumatera Utara di Jalan Prof HM Yamin, No.41 Medan, Kamis (20/02/2020) (kanan). Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menandatangani prasasti peresmian Gedung DPW Partai NasDem Sumatera Utara di Jalan Prof HM Yamin, No.41 Medan, Kamis (20/02/2020) (kiri). Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pengguntingan pita sebelum meninjau sejumlah ruangan Gedung DPW Partai NasDem Sumatera Utara di Jalan Prof HM Yamin, No.41 Medan, Kamis (20/02/2020) (kanan).

Peresmikan Gedung DPW Partai NasDem Sumut

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengatakan toleransi yang sepenuhnya sudah berjalan dengan baik di Indonesia harus terus dijaga demi kemajuan bangsa ini.

"Sumatera Utara adalah sebuah contoh wilayah memiliki kebanggaan besar bagi saya sebagai anak wilayah ini. Kita sudah selesai dengan apa itu dinamakan pluralisme dan toleransi," kata Surya Paloh saat meresmikan Gedung DPW Partai NasDem Sumut di Jalan Prof HM. Yamin, Medan, Kamis.

Ia juga mengapresiasi terhadap kerukunan masyarakat Sumut. Sebagai daerah dengan masyarakat beragam agama dan suku yang  berhasil menjaga kerukunan.

Menurutnya, Indonesia kini terus bergerak maju, karenanya jangan lagi persoalkan berbagai perbedaan yang hanya akan menghambat laju pembangunan bangsa ini.

"Bagi NasDem itu semua sudah lewat. Nilai-nilai kebangsaan kita sudah total untuk terus maju," kata Surya Paloh.

Dia menyatakan, Indonesia sebagai bangsa telah memiliki seluruh fasilitas sebagai anugerah dari Allah seperti letak geografis  strategis, sumber daya alam melimpah, begitu juga dengan iklimnya sangat bersahabat.

"Berbagai anugerah ini suatu saat akan membawa negara kita menjadi negara  super kuat. Tapi itu semua belum cukup untuk membawa kita menjadi bangsa besar. Satu hal sangat lebih penting dan mendasar harus menjadi perhatian kita semua adalah cara berpikir kita sebagai suatu bangsa," sebutnya.

Cara berpikir sebagai suatu bangsa inilah  menjadi visi membawa perubahan. Gerakan perubahan itu ditandai dengan terminologi paling sederhana yakni perubahan cara berpikir dari yang penuh dengan kepuran-puraan, kemunafikan menjadi keterusterangan, dari kemalasan menjadi lebih baik dan rajin.

"Itulah diperlukan bangsa ini agar kita jangan selalu mengulur waktu dan terbiasa mempermainkan akal sehat kita. Kita mau bergerak maju ke depan, tapi praktiknya kita mundur ke belakang. Inilah yang membuat kita belum bisa besar dari semestinya yang bisa kita peroleh dari suatu bangsa besar," katanya.

Misi besar dan mulia itu, lanjut dia, adalah tugas kita bersama sebagai anak bangsa. Maka NasDem berketetapan hati tidak boleh terjebak pada pikiran sempit.

Yakni pikiran yang masih mempermasalahkan latar belakang perbedaan, suku, agama dan etnis.

"Bagi NasDem itu semua sudah selesai. Nilai-nilai kebangsaan sudah total.

Surya Paloh juga menyampaikan apresiasi terhadap kerukunan masyarakat Sumut. Sebagai daerah dengan masyarakat yang beragam agama dan suku, kata Surya Paloh, Sumut berhasil menjaga kerukunan.

Sebelumnya Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Utara, Iskandar ST melaporkan, gedung DPW NasDem Sumut itu berlantai empat dengan dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang rapat, aula, ruang pemenangan dan juga menggunakan lift setiap lantainya.

"Pembangunan gedung ini hasil swadaya pengurus DPW dan DPP.  Terpenting keberadaan dari gedung baru ini jangan hanya disimbolkan dengan kemegahan dan fasilitas lengkap di dalamnya. Tapi bagi kami gedung ini adalah pusat pengkaderan Partai NasDem yang pada ujungnya mampu memperkuat persatuan bangsa. Semoga kehadiran gedung ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara," kata Iskandar.(Siong)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px