Log in

Studi: Pria Berjenggot Cenderung Punya Testis Kecil


Dalam beberapa tahun belakangan, memelihara rambut wajah atau brewok menjadi sebuah tren di kalangan pria. Jangan heran, tak hanya bikin kaum adam terlihat lebih maskulin dan macho, sejumlah studi juga telah mengungkapkan bahwa wanita lebih tertarik dengan pria berkumis dan berjenggot.

Namun, ada satu hal lain yang harus diketahui. Menurut sebuah studi baru, brewok juga bisa jadi tanda bahwa seorang pria memiliki testis berukuran kecil. Demikian dilansir dari laman New York Post, Kamis, 11 April 2019.

Studi yang diterbitkan bulan ini dalam jurnal Proceedings of Royal Society B: Biological Sciences itu membandingkan jenggot pria dengan tanda-tanda kesuburan lainnya pada primata, termasuk hidung besar, rambut, jubah dan dada merah untuk masing-masing spesies.

Rambut dianggap sebagai ‘ornamen’ atau tampilan luar maskulinita dan 'senjata' untuk bersaing secara seksual dengan pejantan lain mendapatkan pasangan untuk bereproduksi.

Studi ini menemukan bahwa manusia dan primata besar yang secara fisik punya kekurangan energi untuk memiliki rambut wajah yang lebat, cenderung punya testis yang berukuran besar. Sebaliknya, mereka yang mudah menumbuhkan jenggot umumnya
memiliki testis kecil. Hal ini diduga berkaitan dengan evolusi.

Jadi, jika Anda seorang pria yang selama ini kesulitan untuk menumbuhkan rambut wajah, mungkin Anda secara evolusi diberkahi dengan yang lain. Dalam hal ini testis berukuran besar.

Lebih Menarik di Mata Wanita Beberapa dekade lalu, pria dengan jenggot atau brewok sering diasosiasikan sebagai orang jahat, kejam, serta segala sifat negatif lainnya. Tapi hal itu kini tidak berlaku lagi. Menurut sebuah studi, pria dengan jenggot lebih menarik daripada yang tidak.

Sebuah penelitian di Journal of Evolutionary Biology, meminta 8.500 wanita untuk menilai pria dengan dan tanpa jenggot yang lebih potensial untuk pacar mereka. Para lelaki difoto saat baru bercukur, lima hari setelah bercukur, 10 hari setelah bercukur, dan kemudian empat minggu setelah bercukur.

Hasilnya sangat mencengangkan. Setiap wanita lajang lebih menyukai pria mereka dengan rambut wajah. Janggut yang lebat menerima peringkat tertinggi untuk daya tarik umum, diikuti oleh jenggot penuh dan janggut ringan.

Padahal kita mengasosiasikan jenggot dengan usia pria dan dominasi sosial maskulin. Satu teori, penelitian menyatakan, jenggot mungkin lebih menarik bagi wanita ketika mempertimbangkan hubungan jangka panjang daripada jangka pendek karena mereka
menunjukkan kemampuan laki-laki untuk berhasil bersaing secara sosial

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px