Log in

Perayaan HUT Ke-74 RI di Kabupaten Langkat Semarak

Bupati Langkat Terbit Rencana, PA saat menyerahkan bendera merah-putih kepada Rindi Andini, siswi dari SMA Sri Langkat, Tanjung Pura yang bertugas sebagai pembawa duplikat sang saka merah putih (baki) untuk dikibarkan. Bupati Langkat Terbit Rencana, PA saat menyerahkan bendera merah-putih kepada Rindi Andini, siswi dari SMA Sri Langkat, Tanjung Pura yang bertugas sebagai pembawa duplikat sang saka merah putih (baki) untuk dikibarkan.

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA bersama ribuan warga Langkat  merayakan HUT Kemerdekaan RI ke -74 dengan meriah dan khikmat, ditandaipembacaan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah-putih di alun-alun, T. Amir Hamzah, Stabat, Sabtu (17/8).Acara ini juga dimeriahkan aneka ragam kegiatan lomba.  

Bahkan, upacara bendera itu tidak hanya digelar di alun-alun tapi juga digelar di sekolah- sekolah dan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat, dengan Inspektur Upacara Camat dari masing-masing Kecamatan.

Selain itu, aneka ragam kegiatan dan lomba juga digelar di seluruh kecamatan dan desa.  Sebut saja misalnya, lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, goyang balon, disco bola, sepakbola sarung, tenis meja, pukul bantal, trup gembira, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan lainnya.

Nah, di Alun- Alun T. Amir Hamzah, Stabat, ribuan warga tumpah-ruah menyaksikan aneka macam kegiatan itu. Memang sudah menjadi tradisi dan kearifan lokal bagi warga Langkat, saat menyambut HUT RI, mereka berbondong- bondong datang menyaksikan rangkain kegiatan itu. Bahkan, bukan saja warga setempat yang datang namun warga dari sejumlah daerah (Kecamatan) lain, seperti dari Selesai, Kuala, Secanggang, Hinai dan Tanjung Pura tampak hadir memadati lokasi acara.

Positifnya, tahun ini perayaan terlihat lebih meriah dibanding tahun sebelumnya, sehingga membuat jalanan di seputaran alun-alun dan kompleks perkantoran Pemkab Langkat macet total. Meski macet warga tetap tampak tetap semangat.

Artinya meski harus berdesak- desakan dan ‘disiram’ cuaca panas menyengat, hal itutidak menyurutkan langkah dan semangat warga menyaksikan aneka macam kegiatan yang digelar.

Saat itu Bupati Langkat, Terbit Rencana, PA pun tampak gagah saat tampil sebagai Inspektrur Upacara.  Apalagi, saat Bupati melepas para peserta parade karnaval, semua tampak histeris, karena diwarnai atraksi dari dua ekor gajah dari Tangkahan, yang bernama Yuni dan Ardana.

Kemeriahan itu pun semakin memuncak tatkala  Bupati menerima bendera merah putih dari seekor gajah yang ditunggangi Kepala Bank Sumut Cabang Stabat, Gama Cherry Al Halim, sebagai tanda dilepasnya karnaval.

Parede karnaval ini diikuti ratusan peserta dari satuan personil TNI/Polri, PNS Pemkab Langkat, para pelajar dari tingkat TK/ PAUD/ RA, SD/ MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA  sampai mahasiswa, dengan tampilan  seragam warna- warni, seperti seragam sekolah, seragam pramuka, pakaian adat dan lain- lain.

Selain itu, aneka kendaraan hias dan pertunjukan drum band juga ikut ambil bagian. Bupati pun mengaku sangat kagum dengan besarnya antusiasme warga. Apalagi, dua ekor gajah ikut diturunkan dari ekowisata Tangkahan.

“Gajah adalah salah satu ikon wisata kita. Dari sini ada pesan moral yang mau disampaikan, yaitu mari kita lestarikan flora dan fauna kita agar tidak punah dan tetap lestari sepanjang masa,” ujarnya.

Sementara itu, pada upacara peringatan detik-detik proklamasi, bertindak sebagai pembaca teks proklamasi adalah Ketua DRPD, Langkat Surialam, sebagai komandan upacara Kapten Inf Arhanuds Utoyo, Perwira Upacara, Danramil 07/Stabat dan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dikomandoi M. Zulham Harahap, siswa dari SMA Negeri 1 Stabat dengan pembawa duplikat sang saka merah putih (baki) Rindi Andini, siswi dari SMA Sri Langkat Tanjung Pura.

Pada upacara ini, Bupati berkesempatan menyematkan pin penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 7 orang ASN Pemkab Langkat yang telah mengabdi dari kurun waktu 10, 20 sampai 30 tahun.

Sedangkan pada malam harinya,  Bupati dan Wakil Bupati Langkat melaksanakan upacara renungan suci, dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Langkat. Renungan suci ini termasuk salah satu dari rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI, yang dilaksanakan   di Taman Makam Pahlawan, Pangkalan Brandan. (BD)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px