Log in

Oki Setiana Dewi Berbagi Cerita Kehidupan Muslim di Spanyol


Fakta yang cukup mencengangkan diungkapkan Oki Setiana Dewi pasca kunjungan ke Spanyol beberapa waktu lalu untuk menjadi salah satu perwakilan Indonesia. Menurut pengamatannya, meski menjadi kaum minoritas namun Muslim di Spanyol bisa menunjukkan solidaritas yang kuat serta berpotensi mengubah pandangan negatif tentang umat Islam secara umum.

"Kalau di Spanyol karena kaum minoritas jadi solidaritasnya kuat. Maka dibutuhkan masjid sebagai pemersatu umat. Di mesjid itu tempat membangun peradaban, masjid itu bukan hanya tempat untuk salat saja, masjid itu tempat belajar Al Qur'an, membina para mualaf," ujar Oki Setiana Dewi saat ditemui di K-Link Tower, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

"Untuk Spanyol sendiri karena memang kalau saya bilang Islamophobia tidak terlihat ya. Saya beberapa kali tanya sama teman-teman Islamophobia tidak terlihat secara jelas asalkan para muslimnya ramah, jadi tunjukkan muslim yang ramah. Tunjukkan lah muslim yang sesuai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, Islam agama rahmat semesta alam. Kalau kita membacakan assalamualaikum kita menyebarkan keselamatan, keberkahan untuk banyak orang," lanjutnya.

Tantangan sebagai kaum minoritas beragama di suatu negara memang kerap terjadi, tak ayal ini menjadi salah satu alasan Oki untuk terlibat dalam program pembangunan masjid di Seville, Spanyol. Ia berharap kampanye sosial tersebut akan sukses dengan banyaknya para donatur yang ingin menyumbangkan pundi-pundi uangnya.

"Jadi mereka bilang cara dakwah negara Muslim minoritas tentu berbeda. Cara dakwah kami adalah setidaknya bahwa menunjukkan Islam itu tidak seperti apa yang media-media beritakan. Kadang media-media memberitakan (Islam) hal-hal yang buruk. Kewajiban bagi Muslim-Muslim di Spanyol adalah menjadi agen-agen Muslim yang terbaik. Karena mereka melihat Islam di diri mereka. Jadi mesti jadi Muslim yang baik, ramah, selalu senyum dan santun," tuturnya.

"Ya karena memang teman-teman yang dari Spanyol akan datang juga ke Indonesia untuk campaign lagi masalah pembangunan masjid jadi akan membantu teman-teman saja. Untuk di Spanyol semoga masjid di Seville segera terbangun, teman-teman silahkan berdonasi, nomor rekeningnya ada di IG saya bisa dilihat. Untuk teman-teman yang pembelajar, masih banyak beasiswa-beasiswa yang tersebar di mana-mana, silahkan untuk mencari beasiswa dan pengalaman sebanyak-banyaknya supaya kita menjadi pribadi berilmu dan bermanfaat," tandas ibu dua anak tersebut. (KPL)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

30°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 68%

Wind: 11.27 km/h

  • 22 Aug 2017 31°C 23°C
  • 23 Aug 2017 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px