Log in

Kuatkan Terus Gotong- Royong dan Kebersamaan Agar Bisa Bersama- sama Membangun Daerah


Bupati Langkat Terbit Rencana, PA Kunjungi Desa Terisolir

Meski baru 19 hari menjabat sebagai Bupati Langkat, Terbit Rencana, PA telah berkunjung ke pelosok daerah pinggiran Kabupaten Langkat, untuk dapat langsung bertatap muka dan menyapa masyarakat yang bermukim di sana.  Padahal, untuk menuju ke lokasi yang terisolir tersebut, harus menempuh jarak yang cukup  jauh serta  harus melewati jalan yang menanjak, berlubang dan belum dihotmix.

Kunjungan tersebut  dilakukan untuk menghadiri acara Gendang Guro Guro Aron Mburo Ate Tedeh Muda Mudi, di  Desa Kaperas, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sabtu (9/3) yang lalu.

Bupati Langkat, pada sambutannya, menerangkan, kegiatan ini adalah, bentuk rasa syukur kepada sang maha pencipta, atas anugrah nikmat yang telah diberikannya, sekaligus upaya untuk menguatkan  semangat kebersamaan dan  gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat agar bisa bersama membangun daerah ini.

“ Untuk itu, diharapakan agar kegiatan ini bisa memberikan semangat kepada kita semua, agar bisa menjadi pribadi  yang saling memberikan kebaikan, sehingga bisa membangun kampung  halaman kita ini menjadi lebih makmur dan  sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kecamatan Kutambaru ini, meski masih tergolong muda, karena baru dibentuk pada  tahun 2008 yang lalu, tapi tidak jauh tertinggal dengan kecamatan lainnya. Dia pun meyakini, jika penduduk Kutambaru terus berpacu, Kutambaru akan bisa menjadi Kecamatan yang cepat berkembang.

“Sebab  banyak potensi sumber daya alam, maupun tempat-tempat wisata yang layak di Kutambaru, yang jika dikelola dengan baik, pasti dapat meningkatkan  kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Selanjutnya, dia pun berpesan, bahwa kemajuan daerah, tidak semata- mata harus sepenuhnya mengharapkan pemerintah, karena  bisa melalu upaya masyarakat itu sendiri , yang menjadi altenatif untuk meraih kemajuan, antara lain melalui pemikiran, gagasan, kreativitas  dan keterampilan  dari masyarakat setempat.

“ Jadi, semoga kehadiran kami  memberikan motivasi,  baik kepada kami sendiri selaku penyelenggara pemerintah, maupun kepada masyarakat setempat, untuk sama- sama saling berbuat bagi kemajuan wilayah ini,”imbuhnya.

Sementara itu, Jenda Terang selaku tokoh masyarakat setempat pada kesempatan itu memohon kepada Bupati Langkat, agar Pemkab Langkat dapat lebih  memperhatikan infrastruktur jalan serta  bangunan gedung Sekolah SMA Negeri , fasilitas Kesehatan serta masjid dan musalla yang ada di daerah tersebut.

“ Harapan kami kesemuanya itu, segera dapat dibangun dan diperbaiki melalui dana APBD Langkat,” harapnya.

Sedangkan Camat Kutambaru David Helgod Pardede  SIP MSP, pada sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kesedian  Bupati Langkat berserta rombongan untuk hadir, semoga arahanan dan bimbingan Bupati Langkat,  menjadi motivasi yang memberikan semangat masyarakat dalam membangun Kutambaru.

“Kami atas nama masyarakat Kutambaru mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat, kami juga memohon maaf, apabila dalam pemyambutan kami ini ada yang kurang berkenan di hati,”ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin  MKes MM, para Staf Ahli Bupati, para kepala OPD dijajaran Pemkab Langkat salah satunya Kadis Kominfo H Syahmadi S.Sos MAP,  Camat dan Forkopim Kecamatan Kutambaru, tokoh adat/ masyarakat, para pemuka agama, Kades/ Lurah beserta perangkat kelembagaan Desa/ Kelurahan se Kecamatan Kutambaru, Ormas, masyarakat setempat beserta para tamu dan undangan lainnya.

Masyarakat Harus Menjadi Pelaku Utama Dalam Pembangunan Daerahnya

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Tapem Drs Abdul Karim MAP, memimpin apel gabungan Aparatur Negri Sipil (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (11/3).

Asisten I, pada teks pidato tertulis Bupati Langkat, menerangkan, bahwa pemerintah tidak lagi sebagai provider dan pelaksana, melainkan lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat  mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengambil keputusan, dalam rangka memenuhi hak- hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang dari tingkat Desa.

“ Sebab, paradigma pembangunan yang sekarang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan,” ujarnya.

Karena itu, tambahnya, rakyat harus menjadi pelaku dalam pembangunan, masyarakat perlu dibina dan dipersiapkan, agar dapat merumuskan sendiri permasalahan yang dihadapi, merencanakan langkah – langkah yang diperlukan, melaksanakan rencana yang telah diprogramkan, menikmati  produk yang dihasilkan dan melestarikan program yang telah dirumuskan dan dilaksanakan.

Dari Arena PRSU, Pentas Seni Budaya Pavaliun Langkat Ramai Dikunjungi Masyarakat

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) kembali digelar, tapi ada yang spesial di Paviliun Kabupaten Langkat, karena pada malan keempat, setelah dibukannya Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 48 tahun 2019, oleh Gubsu H Edy Rahmayadi, Jumat (8/3) yang lalu, di Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan, Paviliun Langkat menggelar  pentas seni budaya dengan mempertunjukan berbagai jenis tarian daerah dan seni budaya lainnya oleh sanggar tari dan budaya Wahana Mahardika dari Kecamatan Selasai, Kabupaten Langkat.

Seni Budaya yang ditampilkan, diantaranya adalah adegan tari Reok Ponorogo, tari sembur api serta  tarian adat Melayu dan tarian seni budaya dari adat lainnya, yang diwarnai dengan banyolan- banyolan jenaka, sehingga banyak menyedot perhatian para pengujung PRSU.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA yang diwakili oleh Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, mengatakan, pagelaran pentas seni ini, biasanya hanya ditampilkan pada Open Stage PRSU, namun ditahun ini Pemkab Langkat sengaja menampilkannya di depan Paviliun.

“ Tujuannya, selain untuk meramaikan Paviliun Pemkab Langkat, juga untuk menghibur para pengujung PRSU serta untuk melestarikan dan memperkenalkan seni budaya kepada para generasi muda bangsa,”sebutnya.

Harapannya, dengan ditampilkan seni budaya di depan Paviliun ini, dapat dilihat oleh banyak pengujung, sehingga keindahan tariannya, dapat menarik perhatian banyak kalangan.  Dengan begitu, para pencinta seni budaya tarian daerah ini, selalu ada.  (BD)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px